Top Ten CSR in Education

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 07 June 2016

Naskah: Giattri F.P., Foto: Istimewa

Sebagai perusahaan Jalan Tol terkemuka di Indonesia, PT Jasa Marga (Persero), Tbk. juga peduli terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)
di bidang Pendidikan.

Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38, 1 Maret 2016 di antaranya Jasa Marga menggelar Wisata on The Toll Road yang diikuti oleh anak kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar (SD) di 6 titik wilayah operasional perusahaan.


Kegiatan ini melibatkan 900 siswa dari 20 SD yang berada di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Cawang-Tomang-Cengkareng, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Purbaleunyi, Jalan Tol Semarang, Jalan Tol Surabaya - Gempol, JalanTol Belmera, dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.


Keduapuluh SD tersebut diantaranya, SDN Sepanjang Jaya 7 Bekasi, SD Tunas Global Bekasi, SDN Cililitan 2 Jakarta, SD Kresna Jakarta, SD Pinang Ranti 4 Jakarta, SD Pinang Ranti 5 Jakarta, SD Panunggangan 6 Tangerang, SD Panunggangan 9 Tangerang, SDN Sukaraja Purbaleunyi, SDN Morokrembangan I Surabaya, SD Al Ikhwan Belmera, dan SDN 1 Ciperna. Masing-masing SD mengirimkan 50 siswa-siswinya untuk mengikuti kegiatan ini, yang selanjutnya siswa diajak berkeliling jalan tol dengan menggunakan bis untuk mendapatkan pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu lintas.


Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Jasa Marga, Pandu Djajanto menjelaskan, kegiatan ini juga untuk mengajarkan etika berlalu lintas pada anak sejak dini. “Saat ini perilaku beretika dalam berlalu lintas masyarakat mulai menurun, sehingga perlu dilakukan kembali proses pembelajaran dan sangat efektif apabila dilakukan pada usia dini,” ujar Pandu, saat pembukaan acara Wisata On the Toll Road di Padepokan Pencak Silat TMII yang lalu.


Sekolah yang mengirimkan siswanya masing-masing mendapatkan perlengkapan olahraga seperti bola futsal, bola voli, bola kaki dan juga kotak P3K beserta isinya. Untuk mendukung pengenalan dini tentang rambu lalu lintas, setiap siswa yang berpartisipasi masing-masing mendapatkan tas sekolah yang terdapat logo rambu-rambu lalu lintas.