3 Jagoan Hyundai di GIIAS dan IIMS 2015

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 August 2015

PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen meluncurkan produk terbaru, VW Polo 1.21 TSI, di Indonesia International Motor Show 2015 di JIExpo Kemayoran dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2015 di ICE, BSD City. Varian Polo termurah ini diklaim bisa bersaing dengan hatchback Jepang.

Menurut Chief Executive Officer Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri, Polo 1.21 TSI bisa bersaing dengan hatchback asal negeri sakura, seperti Honda Jazz, Mazda2, dan Toyota Yaris, lantaran berada pada kisaran harga yang sama. Di Indonesia, VW Polo 1.21 TSI dibanderol Rp 259 juta. 

Polo 1.21 TSI menggunakan mesin 1.200 cc turbo stratified injection yang menghasilkan daya pacu 105 tenaga kuda. Kecepatan maksimumnya 190 kilometer per jam. Sedangkan untuk transmisi menggunakan DSG 7. Konsumsi bahan bakar kombinasi mencapai 21,27 kpl . Tenaga dari mesin diteruskan ke roda melalui transmisi 5-speed manual atau transmisi otomatis 7-speed DSG.

“Dengan tenaga besar, Polo sudah lolos uji keselamatan di Eropa. Selain itu, emisi gas buangnya juga dinyatakan di level Euro 5 sehingga ramah lingkungan,” jelasnya.

Sistem electric power steering kini menjadi standar untuk semua model Polo, teknologi ini menggantikan electro-hydraulic yang digunakan pada model – model sebelumnya. Dari segi keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Airbags pada beberapa titik, Automatic Post-Collision Braking System, ESC (Electronic Stability Control, termasuk ASR & EDL.

Komunitas pengguna Volkswagen di Indonesia, Nuvolks, pun sudah pernah menjajal mobil tersebut saat berkunjung ke negara asalnya di Jerman.. "Saat diuji memang tenaganya sangat besar meski kapasitas mesinnya kecil," ujar Ketua Nuvolks Jetro Aditya.

Jetro mengklaim jika mobil hatchback itu bisa dipacu hingga kecepatan 220 km/jam. Akselerasi mobil itu juga cukup responsif karena cuma membutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari mobil berhenti. "Secara model juga cukup mudah untuk dibuat gaya, jadi cocok untuk penyuka modifikasi," ujarnya..

Polo 1.2 TSI sendiri sudah diluncurkan oleh Volkswagen AG di Jerman dan belahan dunia lain sejak dua tahun lalu. Namun pabrikan asal Jerman itu baru memasukan Polo ke Indonesia tahun ini karena sejumlah alasan. "Karena kami ingin menjaga kualitas Polo agar tetap bisa maksimal saat berada di tangan konsumen,” pungkas Endrew.