Gen Six Camaro Segera Tiba: The Battle Continues

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 04 August 2015

Tak ingin tertinggal dari musuh abadinya, dan dalam tekad untuk tetap menguasai pasar muscle/pony-car, para insinyur di General Motors bekerja keras untuk melahirkan generasi keenam Camaro.


Alhasil, Mei lalu, atau tak sampai setahun sejak peluncuran Mustang generasi keenam, Chevrolet Camaro generasi keenam (Camaro 2016) pun diperkenalkan di pusat kota Detroit, AS. Tak beda jauh dengan Mustang, Camaro 2016 pun tampil lebih ramping dan banyak menyematkan visual generasi pertama. Dibanding versi sebelumnya, Dimensi All-new Camaro akan lebih ramping, kokoh dan sedikit lebih kecil dari sebelumnya.


All-new Camaro tersedia dalam enam kombinasi dengan tiga pilihan mesin yaitu 2.0L Turbo, 3.6L V6, dan LT1 6.2L V8 yang menghasilkan 455 tenaga kuda dan torsi lebih dari 455 lb-ft. Siaran pers Chevrolet Indonesia menyebutkan, setiap mesin tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 8-percepatan.


“Bagi para penggemar Camaro, model ini masih mempertahankan desainnya yang ikonik dan memberikan performa lebih. Sedangkan untuk pembeli baru, Camaro 2016 memasukkan ide terobosan engineering dengan keunggulan dalam hal performa dan desain,” ujar Mark Reuss, Executive Vice President GM.


Praktis hanya dua bagian yang dibawa dari Camaro generasi kelima, yaitu logo Chevrolet di belakang dan logo SS. Bobot kendaraan pun berkurang sebesar 90 kg atau lebih, tergantung dari model. Ada fitur all-new Drive Mode Selector yang disesuaikan hingga delapan situasi untuk empat model: Snow/Ice, Tour, Sport, dan khusus untuk SS model ada pilihan pengaturan track.


Ada pula Interior Spectrum Lighting yang menawarkan 24 efek pencahayaan yang berbeda, baik di bagian dashboard, panel pintu, dan konsol tengah. Sementara Magnetic Ride Control tersedia di Camaro SS untuk pertama kalinya karena hanya tersedia di Camaro ZL1 sebelumnya.


Suspensi aktif ini mampu membaca kondisi roda dan jalannya kendaraan 1.000 kali per detik, dan secara otomatis menyesuaikan peredam untuk mengoptimasi kenyamanan berkendara dan kontrol.