Gen Six Camaro Segera Tiba: The Battle Continues

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 04 August 2015

Naskah: Andi Nursaiful, Foto: Istimewa

Kepastian lahirnya Chevrolet Camaro generasi keenam, memastikan perang klasik pony-car Amerika sejak era 60-an terus berlanjut.

Era 1970-an adalah masa ketika muscle car atau biasa disebut juga pony-car menguasai jalan-jalan Amerika. Kala itu General Motor (GM) dan Ford Motor Company menjadi raksasa yang bertempur di garis terdepan.


Ford sukses melegendakan Mustang yang lahir pada 1964, lalu dilawan oleh GM tiga tahun kemudian dengan Chevrolet Camaro. Sejak 1967 itu, Camaro menjadi rival abadi Mustang.


Bahkan dua muscle car tipe lain yang berbagi platform dengan Mustang dan Camaro, yaitu Mercury Cougar (Ford) dan Pontiac Firebird (GM), pun ikut berperang.


Memang, tak banyak yang mampu melawan dominasi Mustang selama puluhan tahun kecuali Camaro, meski hanya tercatat beberapa kali mampu melampaui penjualan sang legenda.


Satu-satunya pabrikan yang berani dan mampu turun ke medan laga muscle car Amerika adalah Chrysler. Meski lahir telat (1970), Chrysler melahirkan Dodge Challenger untuk menantang Mustang dan Camaro. Maka sejak itu, ketiganya menjadi ikon utama muscle car dari Negeri Paman Sam.


Perang tanding penjualan Mustang-Camaro-Challenger berlangsung selama puluhan tahun.


Jika Chrysler baru melahirkan Challenger generasi ketiga (2008), maka Ford dan GM sudah tiba di generasi keenam.


Bulan November 2014, Ford secara resmi meluncurkan Mustang generasi terbaru, yaitu Ford Mustang 2015. Lahirnya generasi keenam ini adalah jawaban Ford atas direbutnya tahta penjualan unit oleh Camaro selama lima tahun berturut-turut.


Camaro sempat berhenti di generasi keempat (1993-2002) dan GM mematikannya dengan berbagai alasan. Salah satunya, karena tak mampu mengejar penjualan Ford Mustang generasi keempat (1994-2004).


Berkat sebuah momentum yang tepat, dibantu meledaknya film Transformers di mana Camaro menjadi ‘bintangnya’, GM akhirnya menghidupkan kembali Camaro pada 2009 dan penjualan pun langsung melesat.


Generasi kelima (2010-2015) inilah yang kemudian berhasil menggusur angka penjualan Mustang. Tahun 2011, Chevrolet sukses mendistribusikan 88.249 unit Camaro, sementara Ford hanya berhasil melepas 70.438 unit Mustang.


Tahun berikutnya, Camaro tetap memimpin pasar muscle car di Amerika Serikat setelah terjual sebanyak 84.391 unit. Lebih tinggi dari Ford Mustang yang mencapai 82.995 unit. Sementara Dodge Challenger di urutan ketiga dengan menjual 43.110 unit.