Suami-suami Sayang Keluarga

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 26 June 2015

Naskah : Arif Rahman Hakim/Suci Yulianita Foto : Istimewa

Pejabat publik memiliki jam kerja yang tinggi. Mereka mempunyai banyak kegiatan yang menyita waktu dan energi.
Kemudian muncul pertanyaan bagaimana pejabat publik itu membagi waktu untuk keluarganya? Banyak pejabat publik ternyata diketahui  masih meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga, dan bahkan mereka adalah keluarga harmonis. Berikut kami ulas beberapa di antaranya.

 

1. Ridwan Kamil
Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Kang Emil, dilantik menjadi Walikota Bandung pada tahun 2013. Di mata sang isteri, Atalia Praratya, Kang Emil adalah suami yang baik sayang keluarga. Meskipun sibuk membangun Bandung, Kang Emil meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan isteri dan kedua anaknya, Camillia Laetitia Azzahra dan Emmiril Khan Mumtadz. Khususnya di pagi hari, ternyata Emil, menyempatkan diri melakukan ritual wajib terhadap istri dan anaknya. Ritual tersebut tak lain adalah kegiatan memeluk istri dan anaknya selama minimal 20 detik dalam sehari. Hal itu merupakan cara kecil yang dilakukan Emil untuk tetap menjaga komunikasi yang baik antar anggota keluarga mereka.


Kang Emil meyakini energi ada dari keluarga. Karenanya, dengan memeluk keluarga, segala beban akan sirna. Dengan melakukan ritual tersebut, biasanya semangat Kang Emil akan tumbuh kembali. Selain itu Kang Emil berusaha menyempatkan diri sarapan bersama keluarga. Menu sarapannya biasanya nasi goreng atau bubur. Yang penting ada telurnya untuk menjaga stamina.


Jika tak ada kegiatan yang sangat penting, Kang Emil  memilih berada di rumah untuk berkumpul dengan keluarga. Ia menetapkan Minggu sore sampai malam sebagai jam keluarga. Ia dan keluarganya biasanya berenang, nonton di bioskop, atau makan bersama. Mereka pun mengusahakan bisa sholat subuh dan maghrib berjamaah.