Ultra Luxury SUV's

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 17 February 2015
Setelah sekian lama santer dikabarkan, pabrikan otomotif premium asal Inggris, Bentley, memanfaatkan ajang North American International Auto Show 2015 (NAIAS), di Detroit, AS, beberapa waktu lalu, untuk mengumumkan nama dan waktu peluncuran andalan terbaru mereka: Bentayga.

Inilah kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) pertama buatan Bentley, yang diklaim akan meredefenisi ulang pengertian SUV seperti yang dikenal di dunia otomotif saat ini. Nama Bentayga sendiri meminjam puncak gunung di Pulau Canary, Spanyol, Roque Bentayga. Tak seperti pegunungan pada umumnya, puncak ini sangat menonjol karena berdiri sendirian. Oleh sebab itu menjadi sangat ikonik dan mengundang perhatian dari berbagai arah.

“Bentayga adalah nama yang menggambarkan apa yang kami ketahui. SUV ini akan menjadi yang terbaik dari mobil lain di dunia. Mengombinasikan kemewahan Bentley dengan performa terbaik,” ungkap Wolfgang Durheimer, Chairman and CEO Bentley Motors, dalam pernyataan resminya.

Dirancang oleh Chief Design Bentley, Luc Donckerwolke, Bentayga dibangun di pabrik Bentley di Crewe, Inggris, dan mulai sampai ke tangan konsumen pada 2016. SUV mewah ini dibangun di atas platform MLB Evo yang juga akan digunakan pada Audi A7 generasi terbaru dan akan digunakan pada SUV lainnya di Volkswagen Group.

Dalam video ujicoba di gurun pasir Dubai, terlihat bahwa target konsumen yang coba dibidik, terutama mereka yang tinggal di Timur Tengah. Bentayga kabarnya ditawarkan dalam dua pilihan hibrida plug-in, mengombinasikan mesin bensin atau diesel yang dipadukan dengan motor listrik. Model perdana dipamerkan di ajang Geneva Auto Show, Maret ini.

Varian pertama akan dibekali mesin V8, 4.0 liter, turbo ganda, mesin sama yang digunakan pada Continental dan Flying Spur. Sedangkan lainnya, dibekali mesin W12, 6.0 liter, turbo ganda dengan tenaga lebih dari 600 tk. Menawarkan keandalan di medan off-road apalagi on-road.

Sebuah laporan dari Bloomberg yang dikutip Topspeed, menyebutkan, Bentley Bentayga sangat diminati, bahkan sudah sudah menggaet 4.000 konsumen potensial. Artinya, target produksi 3.000 unit/tahun sudah terlampaui. Harga Bentayga dikabarkan sekitar 180.000 euro atau Rp2,7 miliar.

Bentley bertekad untuk melipatgandakan penjualan pada 2020, naik dari target semula 15.000 unit yang dicanangkan untuk 2018. "Kami pikir sukses SUV bisa mengangkat kami ke dimensi baru. SUV Bentley akan menjadi model paling eksklusif, paling mewah, dan paling mahal di dunia," kata Wolfgang Duerheimer lagi.