Ultra Luxury SUV's

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 17 February 2015
Naskah: Andi Nursaiful, Foto: Istimewa

Bertahun-tahun memandang sebelah mata pada segmen Sport Utility Vehicles (SUV), sejumlah pabrikan otomotif premium akhirnya kepincut juga dan mulai membangun SUV. Jaguar memulai dengan F-Pace, Maserati tak mau kalah dengan membangun Levante. Sementara itu, Bentley memperkenalkan Bentayga, memaksa Rolls-Royce untuk mempercepat proyek SUV mereka.

Jaguar F-Pace
Identik dengan model sedan dan sports car eksotis, Jaguar pun tak mau kalah dengan kompetitornya dari dalam negeri (Bentley) untuk ikut melebarkan sayap ke segmen SUV. Bahkan, Jaguar sudah lebih dulu mengumumkan akan meluncurkan SUV Jaguar F-Pace pada 2016.

Sebetulnya, Jaguar sudah memperkenalkan purwarupa Jaguar C-X17 pada 2013 lalu. Rupanya, F-Pace adalah SUV yang memadukan C-X17 dan sedan Jaguar F-Type. Jaguar mengklaim F-Pace akan menjadi “family sports car” masa depan.

“Jaguar F-Pace terinspirasi dari Jaguar F-Type, merepresentasikan keseimbangan sempurna yang didasari oleh performa, tampilan, serta kepraktisan. Jaguar F-Type juga menyajikan kombinasi unik antara desain eksterior mobil sport Jaguar, menyatu dengan indah dengan kepraktisan dan luasnya ruang interior,” tutur Ian Callum, Director of Design Jaguar.

Dalam rilis resmi Jaguar disebutkan bahwa mobil ‘bergenre’ crossover ini menggunakan aluminium untuk bagian sasis dan bodi. Desain eksterior bercita rasa sensual khas Jaguar berpadu dengan interior mewah nan nyaman untuk lima penumpang.

Jaguar membenamkan teknologi revolusioner yang diberi nama All-Surface Progress Control. Teknologi ini bersinergi dengan sistem all-wheel drive untuk menyajikan performa terbaik di segala medan jalanan.
Beberapa hari setelah mengumumkan nama dari SUV pertamanya, Jaguar terlihat sudah menguji SUV terbarunya itu di jalanan umum Inggris. F-Pace diprediksi akan menggunakan platform iQ (Al), sama seperti yang digunakan pada model XE Sedan. Yaitu mengusung mesin Ingenium V6 3.0-liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 340 BHP (253 kW) dan torsi maksimum 332 lb-ft (450 Nm).