11 The Rising Star

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 10 February 2015
Nama menteri nyentrik ini diprediksi akan semakin berkibar di tahun 2015. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintahan Kabinet Kerja yang akan merevitalisasi dan memperkuat sektor kemaritiman sebagai salah satu sektor utama pendukung perekonomian nasional.

Di sisi lain, sosok Susi akan kian populer karena ia dikenal sebagai sosok yang berani membela dan memperjuangkan nasib nelayan Indonesia. Meskipun hanya lulusan SMP, namun wanita kelahiran Pengandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965, ini, sangat memahami betul dunia perikanan.

Kecemerlangan Susi mulai terlihat di 100 hari kabinet, antara lain, ketika ia bekerjasama dengan TNI AL menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Tidak ada hal yang lebih menggembirakan selain kedaulatan maritim Indonesia diakui oleh dunia,” ujar Susi lantang. Selain berhasil menyumbang devisa negara lewat kelautan, Susi juga menargetkan tahun ini Indonesia bisa swasembada garam. Lantaran, selama ini, produksi garam masih minim, sehingga harus impor. Rza