Lagi, Hybrid Supercars

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 28 October 2014
Selain keempat mobil super hibrida di atas, saat ini ada beberapa lainnya yang masih dalam tahap pengembangan. Sebagian besar sudah dipamerkan versi konsepnya di beberapa ajang pameran otomotif dunia.

Pertama adalah Audi R10 yang sudah hampir setahun terakhir ini beredar kabarnya. Tak tanggung-tanggung, Audi membenamkan mesin bakar V10 twin turbocharged 6.0-liter yang dipadukan dua motor listrik. Total output, lebih dari 1.000 dk untuk disalurkan ke empat roda.

Hebatnya, R10 memiliki sistem penonaktifan silinder yang akan mengubah mesin V10 menjadi V6 ketika tidak butuh tenaga besar. R10 mengadopsi sasis monocoque serat karbon untuk mereduksi bobot.  Kapan segera diproduksi? Kepala R&D Audi, Dr. Ulrich Hackenberg, kepada media pada pembukaan Paris Motor Show 23014, menegaskan pihaknya Audi belum berencana memproduksi R10.

Rumor yang tak kalah kencang adalah kehadiran kendaraan super hibrida buatan Bugatti. Tak puas dengan kesuksesan luar biasa Bugatti Veyron, produsen ini tak mau ketinggalan untuk bertarung di arena hybrid supercar.

Calon suksesor Veyron ini kabarnya akan dikurangi bobotnya, dipasangi pelek dari serat karbon dan tentu saja mesin hibrida. Konon, sudah ada bakal namanya, Galibier.

Diperkirakan tenaga yang dihasilkan akan melebihi 1.183 PS yang saat ini dimiliki oleh Veyron Super Sport, dan  akan memecahkan rekor kecepatan maksimum 428 km/jam.

Tenaga  besar dihasilkan dari mesin W16 berkapasitas 8.0 liter dilengkapi 4 turbocharger. Sumber lain menyebutkan, calon penerus berkelamin hibrida ini mampu memompa tenaga hingga 1.500 hp, dan hanya akan dbuat sebanyak 450 unit.