Lagi, Hybrid Supercars

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 28 October 2014
Debut pertama kali di ajang Frankfurt Motor Show 2013 sebagai mobil produksi, Porsche 918 Spyder menandai sebuah era baru dunia kecepatan sebagai supercar hibrida pertama di dunia.

Hampir bersamaan dengan peluncurannya, September 2013, Porsche 918 Spyder sukses memecahkan rekor dunia sirkuit Nurburgring Nordschleife sepanjang 20.6 km pada kategori street legal production cars dengan best lap time 6 menit 57 detik.

Rekor lap ini lebih cepat lima detik dari rekor Dodge Viper SRT-10 ACR pada 2011 untuk kategori sama. Lap tercepat di Nurburgring saat ini dipegang oleh Radical SR8 LM, sportscar asal Inggris, pada kategori fastest production car dengan waktu 6 menit 48 detik.

Porsche 918 Spyder tak hanya lebih cepat ketimbang mobil sport Ferrari. Mobil hibrida listrik ini ternyata juga lebih irit ketimbang Toyota Prius, sedan hibrida pertama di dunia. Ini dicapai berkat kombinasi mesin bensin V8 608 hp dan dua motor listrik yang menggerakkan roda depan dan belakang dengan tenaga total 286 hp.

Tanpa bantuan mesin bakar, motor listriknya saja sudah bisa mendorong mobil berakselerasi 0–100 kilometer/jam dalam 6,2 detik. Kombinasi kedua jenis mesin bisa membuat mobil melesat dari start hingga 100 kilometer/jam dalam 2,6 detik.

Porsche mengklaim 918 Spyder dapat menempuh jarak 100 kilometer dengan bahan bakar cuma 3,1 liter, dan bisa menempuh jarak 16–32 kilometer hanya dengan tenaga baterainya.

Mobil ini memiliki penggerak roda belakang dan komputer untuk menjaga penggunaan bahan bakar seefisien mungkin, serta mencegah pengemudi kehilangan kendali.








Pengemudi juga tak perlu repot dalam hal pergantian gigi, karena Doppelkupplung tujuh kecepatan secara
otomatis yang akan mengurusnya seekonomis mungkin. Pengisian ulang baterai ion litiumnya bisa dilakukan sendiri di rumah, atau dengan memanfaatkan momentum kendaraan.

Tampil perdana sebagai kendaraan konsep di ajang Geneva Motor Show 2010, lalu hadir sebagai mobil produksi di Frankfurt tahun lalu, Porsche 918 Spyder langsung laris manis. Dijual di Eropa dan AS dengan banderol USD 845,000 untuk model standar dan USD 1 juta berikut beberapa aksesori, mobil ini kabarnya sudah laku sebanyak 600 unit. Sesuai angka di depan namanya, unit istimewa ini hanya diproduksi sebanyak 918 unit.