Moyo, Pulau untuk Semua

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 10 October 2014
Pulau Moyo berada tepat di mulut Teluk Saleh dengan dua selat kecil yang membelahnya, memisahkan antara Teluk Saleh dengan daratan Utara Pulau utama Sumbawa, dan sebuah pulau kecil di ujung Utara bernama Satonda.

Di bagian Barat pulau, di bibir Teluk Saleh, ada Labu Aji yang masuk wilayah Taman Nasional Pulau Moyo yang sepenuhnya dikelilingi terumbu karang hidup dan habitat fauna liar dan burung eksotis.

Anda bahkan bisa menyewa perahu menuju Gili Panjang, sebuah pulau kecil sembilan hektar yang dikelilingi tebing dan hamparan pasir putih. Pulau ini memiliki dua sisi yang berbukit dan ditumbuhi oleh semak serta hutan bakau. Di sebelah baratnya terdapat padang ilalang yang menambah keindahannya. Dari puncak bukitnya, akan tersaji lansekap luar biasa indah perpaduan savanah, pasir putih, dan perairan biru Teluk Saleh yang bertabur pulau-pulau kecil tak bertuan.

Bagi mereka yang berkantong tebal, menjelajah Teluk Saleh dengan cruise atau kapal layar pribadi adalah pengalaman yang sungguh mewah. Mendarat di tepian gili-gili indah berpasir putih, dengan hiasan padang rumput yang sunyi, serta bukit-bukit yang menjadi pelindungnya.

Dalam bentangan luas laut birunya yang berkilau, teluk ini dihiasai pulau-pulau cantik tak bertuan, kecuali beberapa yang dihuni nelayan suku Bajo dan Bugis. Di bawah perairannya yang biru jernih kehijauan adalah sebuah akuarium raksasa dengan ragam terumbu karang dan ikan-ikan koral.