Presiden dan Takhayul Politik

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 05 May 2014
Napoleon Bonaparte
Tokoh revolusi Perancis konon sangat takut pada kucing hitam, tetapi percaya bahwa makan daging ayam dan udang karang dapat memberinya keunggulan dalam pertempuran.

Queen Elizabeth I
Ratu Inggris ini dikenal menjadi pelanggan praktisi paranormal John Dee, yang banyak dimintai bantuan dalam membuat kebijakan negara dan strategi perang. Batu yang biasa digunakan John Dee dalam praktik perdukunan itu kini dipamerkan di British Museum.

King Charles II
Raja Inggris 1660-1685 ini diketahui pernah mengumpulkan debu mummi Raja Mesir untuk kemudian melumurkan debu tersebut ke seluruh tubuhnya agar mendapat keagungan.

Winston Churchill
Perdana Menteri Inggris (1940-1945 dan 1951 –1955), percaya bahwa kucing hitam memberikan keberuntungan. Oleh sebab itu ia selalu ingin menyentuh dan memeluk binatang itu jika ada kesempatan.

King Edward VII
Raja Inggris 1901–1910 ini melarang para pembantunya untuk mengubah arah tempat tidur dan melarang pergantian semua sprei kasurnya pada hari Jumat. Sang raja percaya bahwa jika larangan itu diabaikan semua angan dan mimpinya akan dikendalikan oleh setan.

Charles Stewart Parnell
Tokoh nasionalis Irlandia, pendiri Irish Parliamentary Party, tak pernah mau menandatangani draf naskah legislasi jika draf tersebut memuat 13 klausul (bab atau pasal).

Benito Mussolini
Diktator Italia ini dikenal sangat percaya tahayul. Mussolini pernah berganti pesawat hanya karena, menurutnya, salah seorang penumpang di pesawat itu memiliki sorot mata jahat.

Adolf Hitler
Pendiri Partai Nazi Jerman ini percaya bahwa gerak pendulum di atas lembaran peta dapat digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui di mana pasukan musuhnya berada.

Mao Zedong
Pendiri Partai Komunis China sekaligus pendiri Republik Rakyat China ini percaya bahwa berhubungan seks dengan banyak perawan akan membuatnya tetap perkasa dan panjang umur.

Francois Duvalier
Diaktator Haiti ini dikenal sangat percaya akan kekuatan voodoo. Ia mengklaim terbunuhnya presiden AS John F Kennedy 22 November 1963 karena kekuatan ilmu voodoo-nya.

Idi Amin Dada
Diktator Uganda ini konon pernah menyimpan kepala musuh politiknya di dalam lemari pendingin karena percaya dengan begitu kekuatan sang musuh dapat dia kuasai.

Ne Win
Pemimpin Burma (sekarang Myamnar) tahun 1962-1981, kabarnya pernah mandi darah lumba-lumba yang ia percaya dapat membuatnya awet muda dan tetap kuat.

Muammar Qaddafi
Pengawal pribadi penguasa Lybia selama lebih dari 40 tahun ini semuanya terdiri dari wanita perawan, karena percaya bahwa gadis perawan akan melindunginya dari segala ancaman.

Than Shwe
Jenderal pemimpin Junta Militer Myanmar ini konon selalu berkonsultasi dengan para peramal sebelum mengambil keputusan kenegaraan/militer yang penting.

Mahmoud Ahmadinejad
Mantan presiden Iran ini sering mengatakan bahwa Imam Mahdi akan segera muncul di Iran sebagai sosok yang akan mengubah dunia dan menghimbau rakyat Iran untuk bersiap menyambutnya.

Yehia Hamid
Raja Yamen sangat yakin bahwa wajah pantang untuk dilukiskan dalam sebidang media. Jika tabu ini dilanggar, orang yang dilukis (dipotret) akan bernasib sial, mati dalam keadaan tragis.
Ia pun melarang juru foto, wartawan, pelukis, atau siapa saja untuk melukiskan atau membuat potret maupun sketsa wajahnya. Maka wajah sang raja pun menjadi sebuah misteri.

Suatu ketika seorang seniman Italia diundang ke istana dan bertemu sang raja. Diam-diam ia merekam wajah Yehia Hamid dalam benaknya, dan menuangkannya dalam kanvas sepulang dari sana.

Pada pekan terakhir Februari 1948, si pelukis menyerahkan salinan lukisan potret Yehia Hamid pada media, yang kontan mempublikasikan. Beberapa hari kemudian, media yang sama memberitakan Yehia Hamid tewas ditembak bersama tiga anak dan seorang penasihat kerajaan pada 17 Februari 1948.