Presiden dan Takhayul Politik

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 05 May 2014
George W.Bush
Ia diketahui memiliki bakat untuk mjerasakan dunia paranormal. Ketika sang ayah, George Bush, masih menjabat Presiden AS, George muda mengaku kerap melihat penampakan makhluk gaib di Lincoln Bedroom, salah satu kamar tidur di Gedung Putih.
 
Gerald Ford
Ford diketahui sangat meyakini bahwa ia akan memenangi pemilihan presiden AS jika istrinya lebih dulu memenangi kontes membuat kue yang dikenal dengan Family Circle Baking Contest.  Betty Ford memang menjadi istri kandidat presiden pertama yang menang di kontes itu, dan suaminya pun menjadi presiden AS.  

Percaya atau tidak, Rosalyn Carter, Nancy Reagan, Barbara Bush, Hilary Clinton, and Laura Bush, juga berturut-turut menjadi juara dalam kontes membuat kue. Satu perkecualian, Michelle Obama kalah oleh Cindy McCain, tapi justru suaminya (Barack Obama) yang jadi presiden. Ada yang mengatakan resep Cindy McCain tidak orisinal.

William McKinley
Ia percaya betul bahwa bunga anyelir merah yang disematkan di jasnya akan membawa keberuntungan. Untuk itu ia tak pernah lalai untuk itu. Pada 6 September 2001, ia memberikan bunga anyelir merah dari jasnya kepada seorang gadis kecil. Bersamaan dengan itu, ia ditembak seseorang dan meninggal seminggu kemudian.

Harry S. Truman
Truman percaya sepatu kuda akan memberinya keberuntungan. Ia menggantung sebuah sepatu kuda di atas pintu ruang oval di Gedung Putih. Pada 1950, Gedung Putih mengalami renovasi sehingga Truman terpaksa pindah kantor ke Blair House. Saat itu ia mengalami percobaan pembunuhan.
 
Franklin D. Roosevelt
Roosevelt dikanal menderita triskaidekaphobia yang akut, yaitu takut pada angka 13. Ia tak akan pernah mengikuti jamuan makan jika jumlah orangnya 13, dan mengindari bepergian pada hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13. Bahkan, ia meninggal pada hari Kamis, 12 April.

Abraham Lincoln
Inilah presiden AS yang paling percaya dengan dunia supranatural. Bahkan, hantunya pernah muncul di depan PM Inggris Winston Churchill saat mengunjungi Gedung Putih. Konon, istrinya, Mary Todd, kerap menggelar ritual memanggil roh di Gedung Putih. Ada kisah bahwa Lincoln pernah memimpikan dirinya dibunuh. Faktanya, sejarah mencatat Lincoln memang tewas dibunuh.

Ronald Reagan
Reagen konon memiliki penasihat spiritual bernama Joan Quigley, ahli astrologi yang mengaku mampu meramalkan perjalanan hidup Reagen, termasuk upaya pembunuhan terhadap  sang presiden.

Kutukan Tippecanoe
Sebagian warga AS percaya bahwa presiden yang terpilih pada tahun yang bisa dibagi dengan angka “20” akan tewas di masa kekuasaannya. Konon kutukan ini berawal saat Presiden William Henry Harrison membuat marah suku Indian saat masih menjabat Gubernur Indiana.

Sejarah mencatat, Harrison terpilih pada1840 dan tewas dibunuh setahun kemudian. Abraham Lincoln terpilih pada 1860 dan terbunuh lima tahun kemudian. Ronald Reagen terpilih pada 1980 dan mengalami percobaan pembunuhan. Percobaab pembunuhan juga dialami George W. Bush yang terpilih pada 2000.