Ironi Tragis para Penemu

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 30 September 2013
Horace Lanwson Hunley sejatinya adalah seorang pengacara dan wakil rakyat dari Louisiana di masa Perang Saudara di Amerika. Ia memiliki ide membuat kapal selam yang bisa menenggelamkan kapal laut.

Ia mampu mewujudkan ide itu dengan membuat dua model kapal selam yang dipersembahkan untuk pasukan Konfederasi. Model pertama dibangun di New Orleans pada 1862, dan dimaksudkan untuk dioperasikan jika kota itu diduduki oleh pasukan Union. Model kedua dibangun di Alabama.

Tak puas dengan dua model sebelumnya, Hunley merancang model yang ketiga yang pembangunannya ia biayai sendiri. Pada 15 Oktober 1863, Hunley membawa tujuh awak untuk menguji coba model terbaru itu di perairan Charleston, S.C. Hasilnya, Hunley dan para awaknya tenggelam ke dasar laut.

Pihak Konfederasi berhasil menemukan bangkai kapal selam itu dan memperbaikinya. Percobaan kedua dilakukan dengan kapten dan awak baru. Kali ini berhasil, bahkan, kapal selam yang diberi nama Hunley itu sukses menenggelamkan sebuah kapal laut. Inilah kali pertama dalam sejarah, sebuah kapal selam menenggelamkan kapal laut.