Inspirational Companies

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 01 July 2013
Naskah: Cucun Hendriana, Foto: Dok. Pegadaian

Sebagai salah satu perusahaan pelat merah, Pegadaian mampu membuktikan kiprahnya di masyarakat. Dengan jargon ‘Mengatasi Masalah Tanpa Masalah’, perusahaan ini sukses menjadi penolong dan pemberdaya masyarakat ekonomi bawah. Tak aneh, jika kini Pegadaian mampu bertengger sebagai market leader di bidangnya. Dengan menguasai pasar 75%, selama tahun 2012 perusahaan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp1,9 trilyun.

Berdiri sejak zaman Belanda dengan nama Bank van Leaning, perusahaan ini merupakan sebuah lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai. Lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746 sebagai upaya untuk menghilangkan praktek buruk rentenir atau lintah darat yang meresahkan masyarakat kala itu. Pemerintah Belanda memonopoli kegiatan pegadaian agar dapat memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Pada tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi, Jawa Barat.

Sejak awal berdiri, Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (Perjan), dan selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 10/1990 (yang diperbaharui dengan Peraturan Pemerintah No. 103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (Perum). Lalu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51/2011, tanggal 13 Desember 2011 berubah menjadi Perseroan Terbatas (Persero).
\