Inspirational Companies

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 01 July 2013
Naskah: Suci Yulianita/berbagai sumber, Foto: Dok. BRI

Melalui sektor UMKM, BRI sukses menjadi salah satu bank terdepan di Indonesia. Dengan komitmen untuk tetap kukuh di sektor mikro ini, eksistensi BRI kian diperhitungkan. Transformasi dan akselerasi bisnis pun sukses dilakukan. Berkat konsistensinya itu, sepanjang tahun 2012, BRI berhasil menangguk laba bersih sebesar Rp18,5 triliun.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) boleh jadi menjadi bank milik rakyat Indonesia. Namun meski selama ini dikenal sebagai bank-nya ‘wong cilik’, jangan pernah menganggap remeh. Lantaran eksistensi bank dengan tagline ‘Melayani dengan Setulus Hati’, ini, sungguh luar biasa. Tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, BRI juga berhasil mendapatkan pengakuan dari negara lain, bahkan beberapa kali mendapatkan penghargaan berkelas dunia.

Sejak dulu BRI memang dikenal sebagai bank yang fokus melayani sektor usaha kecil. Hingga saat ini, BRI tetap masih memegang teguh komitmen tersebut. Karena itulah, sektor UMKM ini menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan kredit secara keseluruhan. Revitalisasi bisnis mikro BRI juga terus membuahkan pertumbuhan secara berkelanjutan. Pada Triwulan I 2013, misalnya, kredit mikro BRI tumbuh sebesar 22,3%, meningkat dari pertumbuhan Triwulan I tahun lalu yang tercatat hanya 16,12%.

Meski eksistensi BRI telah dikenal dalam dunia internasional, BRI tak cukup berpuas diri. Bahkan terus melakukan pengembangan dan transformasi bisnis. Yaitu dengan memperkuat fokus pada segmen UMKM dengan tetap mengedepankan kebijakan prudential banking, memperluas jaringan unit kerja dan e-channel, serta melakukan pengembangan e-banking, termasuk juga produk dan layanan berbasis IT lainnya.