IIMS 2013: From Sport to Super Cars

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 30 September 2013
Mobil-mobil sport, muscle, maupun supercar boleh saja tebar pesona di lantai IIMS 2013, namun ada satu mobil spesial yang tak kalah mentereng. Inilah Rolls Royce Phantom Series II SWB, mobil termahal yang tampil di  IIMS kali ini.

Mobil Inggris yang diboyong oleh importir umum, Ivan’s Motors, ini, dibanderol seharga Rp 12 miliar. Jika harga off the road itu ditambah pajak dan berbagai bea lain, harganya diperkirakan akan membengkak menjadi hampir dua kali lipatnya.

Mobil ultramewah Rolls-Royce Phantom sendiri telah berumur satu dekade. Sejak 1 Januari 2003, Rolls-Royce Phantom generasi baru itu lahir. Sebenarnya, Rolls-Royce sudah menggunakan Phantom sejak tahun 1925. Hanya saja, setiap generasinya selalu diembel-embeli angka romawi dari I-VI. Namun pada tahun 2003, angka itu dihilangkan dan lahirlah generasi baru dari Rolls-Royce Phantom.

Keistimewaan mobil ini, seperti halnya mobil-mobil Rolls-Royce lainnya, tidak lain adalah karena ketelitian dan keindahan mobil yang dibuat bagai sebuah barang seni. Tradisi membuat mobil di produsen Inggris ini cukup rumit dan terkesan masih ortodoks. Setiap mobil harus dikerjakan oleh 30 orang dengan waktu pengerjaan lebih dari 450 jam untuk merancang, membangun, dan memoles setiap mobil Rolls-Royce.

Selain itu, di rumah Rolls-Royce di Goodwood, Inggris Selatan, ada sekitar 1.000 karyawan, termasuk perajin yang bekerja di bengkel-bengkel kayu dan kulit. Hanya terdapat dua robot di bengkel pengecatan yang memberikan kualitas mulus dalam penyelesaian.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 6.749 V12 DOHC, maksimum power 453 hp pada 5.350 RPM, torsi 531 lb ft pada 3.500 RPM, transmisi otomatis 8 percepatan four wheel drive. Kecepatan maksimum 240 km/jam, dan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5,7 detik.

Selama 10 hari penuh penyelenggaraan, IIMS 2013 juga telah memilih tiga mobil favorit. Tahun ini, Honda Brio Satya, BMW 320G, dan All New Nissan Grand Livina, dinobatkan sebagai mobil terfavorit urutan pertama, kedua, dan, ketiga. ***