IIMS 2013: From Sport to Super Cars

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 30 September 2013
Di ajang IIMS 2013, sejumlah supercars menjadi titik sentral beberapa booth APM. Ada SRT Viper GTS di booth Chrysler, Honda NSX di booth Honda, Jaguar F-Type di booth Jaguar-Land Rover, Audi R8 Facelift di booth Audi, hingga Ferrari 458 Italia, Aston Martin Vanquish,  Mc Laren MP4-12C Spider, dan Lamborghini Aventador LP 700-4 di booth Ivan’s Motor.

•    SRT Viper GTS 2013
Tampil dengan warna merah mencolok, sosok SRT Viper GTS sanggup menghipnotis pengunjung IIMS untuk berlama-lama memelototinya. Generasi ke-5 dari ikon supercar Amerika dibangun dengan tangan di Detroit.
    
Mengusung mesin aluminum 8.4-liter, diposisi mid-front, dengan konfigurasi V-10, overhead-valve, ultra-high-flow, lightweight composite intake manifold, high-strength, forged pistons, sodium-filled exhaust valves, new catalysts untuk menghasilkan suara dentuman, serta aluminum flywheel guna mereduksi gesekan mekanis, mampu memompa tenaga dahsyat sebesar 640 hp dan torsi 600 lb.-ft.

Tenaga sedahsyat itu disalurkan oleh transmisi Tremec TR6060, six-speed manual, dengan ratio gear rapat dan final drive ratio diperpendek dari sebelumnya 3.55 menjadi 3.07. Tuas pemindah gear juga diperpendek demi perpindahan gear yang cepat dan akurat.

Rangkaian ini membuat mobil mampu meraih kecepatan tertinggi 330 km/jam pada gear 6 dan redline (putaran mesin maksimum hingga 6.200 rpm). Akselerasi dari 0-100 km/jam didapat kurang dari 3 detik, jarak 0-420 meter dalam 11-detik, dan    pengereman 100-0 km/jam hanya sejauh 32 meter.

Bahan body serat karbon dan aluminium menghasilkan stabilitas kecepatan tinggi dan hambatan angin rendah (0,369 koefisien drag, serta menurunkan bobot hingga tiga-digit, untuk rasio power-to-weight (terbaik dari Viper pernah dibuat).

"Kami sangat bangga untuk menampilkan 2013 SRT Viper GTS pada ajang IIMS 2013. Inilah ikon supercar dari Chrysler Group,” ungkap Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, Chrysler Indonesia, bangga.

Di dalam kabin, SRT Viper GTS terbaru ini juga dibekali interior baru di mana desainer dan insinyur berusaha memikirkan kembali semua titik yang bersentuhan dengan tubuh dan meng-upgrade semua teknologi. Konsepnya, driver-oriented, dan untuk pertama kalinya, setiap jahitan di interior dilakukan oleh tangan. Setiap detail yang besentuhan dengan tubuh, dibalut pelapis kulit lembut. Hal ini meliputi kursi, trim pintu dan konsol tengah.

Tersedia layar informasi selebar 7-inch, full-color yang bisa diubah tampilanya oleh pengemudi. Ada tachometer yang berfungsi untuk memantau putaran mesin, yang akan menyala saat jarum menyentuh redline (batas maksimum putaran mesin), sebagai pertanda bagi pengemudi untuk pindah gear.

Di bagian konsol tengah, di layar multimedia 8.4-inchi Uconnect, menampilkan performance pages statistic, di mana pengemudi dapat melihat catatan akselerasi 0-402 meter, 0-100 km/jam, 0-160-0 km/jam dan akselerasi sprint singkat 201 meter, jarak pengereman, waktu pengereman, g-force dan top speed performance saat mobil dipacu. Data dapat disimpan dalam hardisk atau dalam memory card sebagai notifikasi untuk pengemudi.

SRT dibentuk pada 2002 sebagai salah satu industri terkemuka untuk mobil paling khas dari Chrysler Group. Pada Juni 2011, Chrysler LLC resmi mengangkat divisi SRT (Street Racing and Teknologi) sebagai merk terpisah untuk mempertahankan rumus sukses membangun mobil performa tinggi dari Chrysler, Jeep dan Dodge.

Setiap mobil SRT dirancang dan dibangun untuk lima keunggulan: mesin andal, pengendaraan maksimal, handling dan kapasitas, kemampuan rem, eksterior agresif dan fungsional, race-inspired dan high-performance interior.

•    Honda NSX Concept
Tampil sebagai pusat perhatian di booth Honda, NSX atau Honda Acura NSX Concept adalah generasi terbaru supercar legendaris Honda yang memadukan performa dan tampilan sport car dengan mesin hibrid yang ramah lingkungan. Inilah penampakan pertama NSX untuk kawasan Asia dan Oceania, setelah debut perdana di ajang North America International Auto Show (NAIAS) 2012, 9-22 Januari 2012 di Detroit, AS.

Mobil ini mengadopsi mesin Sport Hybird All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD), sebuah mesin baru yang didukung tiga buah motor listrik berperforma tinggi. Sistem ini merupakan kombinasi antara torsi dan efisiensi dari mesin hibird, di mana satu motor bekerja intergral dengan mesin V6, dan dua motor bekerja secara independen menggerakkan roda belakang, dan didukung 7-Speed Dual Clutch Transmission (DCT).

Walhasil, handling lebih mantap saat menikung untuk mencapai tingkat baru dari performa berkendara yang melampaui sistem AWD yang ada sekarang. Tak hanya itu, karena menggunakan sistem hibird, Honda NSX Concept juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.
NSX menggunakan bahan dasar alumunnium dan juga CRFB (carbonfibre reinforced plastic) sehingga bobotnya menjadi ringan dan membuat performa mobil menjadi lebih baik dari segi aerodinamika dibandingkan pendahulunya.

Model-model pendahulu Honda NSX telah terjual sebanyak 18.737 unit di seluruh dunia sejak 1990 hingga 2007. Nah, generasi terbaru NSX Concept kabarnya akan dipasarkan juga di Indonesia. "Dalam waktu dekat, NSX akan dipasarkan untuk Indonesia," ungkap President, Chief Executive Officer and Representative Director Honda Motor Co., Ltd., Takanobu Ito.

•    Jaguar F-Type
Inilah salah satu display kebanggan PT. Grandauto Dinamika (GAD) di ajang IIMS 2013. Konvertible 2-pintu ini didesain dengan indah dengan atap soft-top yang bisa dibuka-tutup. Desain elok dipadu dengan performa dahsyat dan kedinamisan berkendara.

Jaguar F-Type dibangun dengan material alumunium ringan namun sangat kokoh, memungkinkan distribusi bobot yang ideal, sehingga kedinamisan berkendara dapat dieksplorasi hingga titik puncak. Bahasa desain Jaguar yang sederhana, harmonis, sporty, sekaligus atletis tertuang pada bodi F-Type dari bagian depan hingga belakang.

F-Type generasi terbaru ini terinspirasi dari mobil konsep C-X16 yang hadir pada 2011. Interpretasi baru terlihat pada bentuk grille yang bersudut dan seolah menyatu dengan bonnet yang dilengkapi power bulge. Lampu utamanya menggunakan  Bi-Xenon dan dilengkapi LED Daytime Running Lights (DRL).

Untuk Indonesia, GAD memasarkan F-Type S yang mengusung mesin V6 3.0 liter bertenaga 380 PS dengan torsi 375 Nm. Dilengkapi dengan fitur supercharger dan teknologi stop/start untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Mesinnya dipadukan dengan transmisi Sequential Shift  8-speed, dan dilengkapi dengan paddle-shifter, sehingga perpindahan transmisi bisa dilakukan di balik lingkar kemudi.

Tenaga besar tersebut mampu membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,9 detik, dan akselerasi 80km/jam – 120 km/jam, hanya butuh waktu 3,1 detik. Kecepatan maksimal dari mobil yang dilengkapi active exhaust ini mencapai 275 km/jam dengan emisi gas CO2 buang rendah, yaitu 213 g/km.

Jaguar F-Type S memfokuskan diri pada kesenangan pengemudi. Terinspirasi dari cockpit pesawat, tata letak kabin dibuat asimetris. Semua panel instrumen dibuat ergonomis dan ditujukan untuk kenyamanan pengemudi. Inspirasi aeronautika juga tampak pada tuas transmisi sportshift berbentuk joystick.

Ada fitur Dynamic Launch Mode untuk akselerasi secara otomatis. Cara kerjanya, dalam keadaan berhenti, pengemudi menginjak pedal rem hingga tampil informasi Dynamic Launch Ready di layar. Saat pedal rem dilepas, secara otomatis mobil akan berakselerasi tanpa pengemudi perlu menginjak pedal gas.

•    Audi R8 Facelift
Inilah mobil sport coupe teratas dari line up produk Audi. R8 facelift  tampil lebih dinamis dan bertenaga berkat sejumlah perubahan, termasuk transmisi 7-speed S tronic yang baru.

Model baru ini terdiri dari tiga varian mesin yang berbeda: R8 V8, R8 V10 dan R8 V10 plus. Yang dihadirkan pada IIMS 2013 mesin R8 V10 berkapasitas 5.2 FSI Quattro dengan tenaga sebesar 525 bhp dan torsi 530 Nm. Dengan top speed 316 km/jam, mobil ini mampu melesat dati posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam 3,6 detik.

Audi juga mengurangi berat model baru ini hingga 50 kilogram dibandingkan dengan R8 V10 Coupe yang menjadi dasarnya. Desain eksterior pun telah diubah sedemikian rupa. Fitur yang paling membedakan adalah lampu LED yang baru yang kini telah menjadi standar pada semua model, single frame gril bergaya heksagonal dan knalpot berbentuk besar dan bulat.

Para insinyur di Audi memang telah menuangkan seluruh kemampuannya dalam hal konstruksi superringan lewat R8. Faktor yang terlihat jelas adalah bagian body mobil. Audi Space Frame (ASF) berbahan alumunium yang beratnya hanya 210 kilogram (462,97 lb) tersemat dalam mobil ini.

Tubuh R8 V10 dilengkapi berbagai fitur yang terbuat dari serat karbon dan diperkuat bahan polymer (CRFP), termasuk pada bodi samping, frame kaca spion, spoiler depan dan diffuser yang khas. Bahan yang sama juga digunakan di bagian dalam.

Sistem rem pada mobil besutan Jerman ini juga sangat mengesankan. Keempat cakram dilubangi secara internal dan desain gelombang cakramnya mengurangi bobot mobil ini. Audi juga menawarkan opsi cakram berbahan serat karbon keramik yang bahkan lebih ringan, namun sangat tahan lama.

Kabarnya, R8 facelift yang dipajang di IIMS 2013 sudah dibeli oleh seseorang dari Surabaya seharga Rp6,6 milyar, dan dikirim seusai pameran. “Apa yang kami suguhkan dalam ajang IIMS 2013 adalah cerminan keyakinan terdalam kami bahwa konsumen mobil kelas atas di Tanah Air adalah pribadi-pribadi sukses yang memiliki kebebasan untuk memilih mobil premium terbaik pada zamannya," ungkap Andrew Nasuri, CEO Garuda Mataram Motor (GMM), APM Audi di Indonesia.

•    Lamborghini Aventador LP 700-4
Mobil supercar yang sebelumnya selalu diidentikkkan sebagai kendaraan rakus sedot bahan bakar, ini seakan ingin diubah oleh pabrikan mobil asal Italia, Lamborghini. Model LP700-4 tahun 2013 yang dipajang di booth Ivan’s Motor, ini, sudah mengadopsi teknologi dan fitur penghemat bahan bakar, seperti, Auto Start-Stop Engine.

Sistem ini memang bukan hal baru, namun, sistem start-stop engine yang digunakan Aventador 2013 tergolong unik dan berbeda. Sistem ini menggunakan high-performance kapasitor yang dikenal dengan Supercaps. Dengan teknologi ini, proses menghidupkan mesin jauh lebih cepat dari sistem konvensional, yaitu hanya dalam waktu 0,18 detik.

Dengan teknologi ini, bobot mobil menjadi berkurang 3 kg yang didapat dari penggunaan Accu besar pada umumnya. Teknologi kedua yang dipergunakan untuk membuat New Aventador 2013 irit BBM adalah Cylinder Deactivation System (CDS) untuk mesin V12.

Dengan teknologi CDS, Lamborghini Aventador 2013 dapat melaju hanya menggunakan 6 silinder segaris. Fitur CDS akan aktif saat mobil melaju di bawah kecepatan 135 km/jam, atau saat dipergunakan dalam kota. Namun ketika pengendara menyentuh pedal gas lebih dalam, mesin Aventador akan merespon dan bekerja penuh pada mesin V12.

Dengan kedua sistem teknologi ini, Lamborghini mengklaim konsumsi bahan bakar rata-rata New Aventador LP700-4 2013 lebih irit tujuh persen atau sekitar 16 lt/100km. Sedangkan tingkat konsumsi bahan bakar yang didapat saat melaju di jalan bebas hambatan dengan kecepatan 130 km/jam, bisa lebih irit 20 persen. Adapun emisi gas buang CO2 juga berkurang dari 398g/km menjadi 370g/km.

Selain penanganan pada tingkat konsumsi bahan bakar, sasis New Aventador LP700-4 2013 juga telah disempurnakan dengan penggunaan pegas yang lebih kaku untuk mengoptimalkan redaman. Dengan demikian handling Aventador juga diklaim jauh lebih baik dari model sebelumnya.

Yang terang, Lamborghini Aventador LP 700-4 mengusung mesin V12 bertenaga 700 hp dan mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik. Sementara kecepatan maksimum dapat dicapai hingga 350 km/jam. Mobil ini dibanderol seharga Rp12,6 milyar dan itupun masih off the road.

•    Ferrari 458 Italia
Mobil super dari si Kuda Jingkrak Ferrari ini pertama diperkenalkan pada 2009, untuk menggantikan posisi F430 sebagai mobil super bermesin tengah. Ferrari 458 bersaing dengan mobil super lainnya di era tahun 2010, seperti, yaitu Mercedes-Benz SLS AMG, McLaren MP4-12C, Lamborghini Gallardo LP560-4, dan Porsche 911 GT2 (997).

Ferrari 458 Italia mengusung mesin 4.400 V8 N/A, maksimal Power 562 HP 9.000 rpm. Transmisi menggunakan F1 Twin Clutch 7 Speed dengan paddle shift rear wheel drive. Kecepatan puncak mencapai 325 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 3,4 detik saja. Di IIMS 2013, mobil ini dibanderol seharga Rp 8,25 miliar on the road.

•    Aston Martin Vanquish
Seksi dan mewah hal yang bisa digambarkan dari mobil keluaran pabrikan asal Inggris ini. Bodinya menggunakan material serat karbon hasil pengembangan terakhir Aston Martin.

Selain serat karbon, bodi Vanquish juga terbuat dari bahan aluminium dan magnesium. Apa keuntungan yang didapat dengan menggunakan ketiga bahan bodi tersebut? Bobot Vanquish hanya 1633 kilogram saja. Ringan namun kuat.

Tak hanya memasang bodi baru, Aston Martin juga membekali Vanquish mesin anyar untuk bersaing. Tak tanggung-tanggung sebuah mesin V-12 berkapasitas 6.0 liter menjadi sumber tenaganya. Mesin jumbo ini sanggup mengeluarkan tenaga puncak sebesar 573 HP 6.750 RPM. Mesin ini membuat Vanquish menjadi road car paling bertenaga yang pernah dijual Aston Martin sampai saat ini.

Vanquish menggunakan transmisi ZF 6-percepatan yang telah ditingkatkan kemampuannya. Duet mesin dan transmisi ini diperkirakan mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam hanya dalam 4,1 detik. Rem cakramnya yang terbuat dari karbon keramik.

•    Mc Laren MP4-12C Spider
Mc Laren MP4-12C Spider merupakan versi konvertibel dari MP4-12C. Model atapnya tetap hardtop dan bisa ditarik jika ingin menjadikannya atap terbuka. Kecepatan pada saat atap tertutup tetap 329 km/jam, sementara jika atap terbuka maka standar kecepatan maksimalnya adalah 315 km/jam.

McLaren pun tetap mempertahankan pintu dihedral seperti yang ada di versi coupe. Pintu itu sendiri membuka ke depan seperti halnya pintu gunting. Pada model ini bilah pintu juga sedikit mengepak untuk memudahkan masuk-keluar pengemudi maupun penumpang.

Desain ini pun dinilai lebih memudahkan ketika mobil parkir di area dengan dimensi terbatas, tidak seperti pintu gunting yang hanya ke atas tetapi lebih sempit untuk masuk dan keluar.

Spesifikasi mesinnya menggunakan mesin delapan silinder berkapasitas 3.799 cc. Tenaga yang disemburkan mencapai 625 HP pada 7.500 RPM dengan torsi 600 Nm pada 7.000 RPM. Mobil ini dibanderol Rp 8,6 miliar oleh Ivan’s Motor.