IIMS 2013: From Sport to Super Cars

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 30 September 2013
Mobil-mobil berotot (muscle cars) juga menjadi pemandangan indah di beberapa sudut hall di IIMS 2013. Di booth Audi, ada Audi RS5 Coupe dan Audi RS4 Avant, sementara di booth BMW, ada All-new BMW Seri 4 Coupè, BMW Z4, dan BMW M6 Gran Coupe.
    
•    Audi RS5 Coupe
Inilah bintangnya Audi jenis A5 family. Dengan model coupe, varian ini memberikan tenaga dan daya kendali (handling) yang mumpuni, dengan tampilan bodi sporty. Desain barunya tampil lebih elegan, dan dilengkapi ragam fitur selayaknya ada pada tipe Audi A5.

Audi RS 5 Coupe mengusung mesin V8 menggantikan mesin 4.163 cc. Mesin bertenaga 331 kW (450hp), 8.250 rpm, torsi 430 Nm (317,15 lb-ft), ini, mendekati kekuatan mesin V8 yang digunakan Audi R8. Akselerasi dari titik nol hingga 100 km/jam ditempuh dalam 4,5 detik. Bahkan, dalam kondisi tertentu mesin dapat ditingkatkan kekuatannya hingga menghasilkan kecepatan 250 – 280 km/jam.

Ini semua berkat kombinasi canggih pada teknologi Audi modular efficiency platform yang di dalamnya termasuk sistem recuperation. Mesin teknologi canggih ini tetap bersahabat, karena sangat efisien dalam pembakaran dibandingkan dengan kompetitor sejenis.

Dengan efisiensi tersebut, mesin dengan standar 7-percepatan S tronic ini pada akhirnya dapat menghemat bahan bakar. Pengemudi juga dapat mengubah sistem transmisi secara otomatis untuk mencapai kecepatan tertinggi atau bisa juga dilakukan secara manual dengan mengubah perseneling yang ada pada stir kemudi.

Layaknya model-model Audi RS, pada RS 5 Coupe ini tenaga yang dihasilkan juga berasal dari mesin quattro dengan sistem perseneling permanen all-wheel drive yang mempu menggerakkan keempat roda mobil.

•    Audi RS4 Avant
Mengusung teknologi mesin high-revving, Audi RS 4 Avant berkapasitas mesin 4.163 cc yang mampu menghasilkan 331 kW (450 hp) dan mencapai akselerasi 8.250 rpm dengan konsumsi bahan bakar 108,1 km per liter. Sementara torsi maksimum dapat mencapai 430 Nm (317,15 lb-ft) dengan akselerasi 4.000 – 6.000 rpm.

Dengan kekuatan mesin tersebut RS 4 Avant mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 4,7 detik. Dan top speed-nya bisa mencapai 250 km/jam (155,34 mph). Meski begitu, kecepatan itu masih bisa ditingkatkan lagi hingga 280 km/jam (173,98 mph) dengan sesuai pesanan.

Mobil yang dikerjakan secara hand-built di pabrik Audi di Gyor, Hungaria, ini,  menggunakan mesin 4,2 FSI yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 11 liter per 100 km (21,38 US mpg). Tingkat efisiensi yang tinggi dipadukan dengan perseneling yang tinggi (long top gear), menjadikan standar kecepatan mobil dengan 7-percepatan S tronic, mampu memberikan efisiensi yang lebih.

Pengemudi dapat memilih menggunakan sistem transmisi dari yang sangat cepat hingga ke sistem dual-clutch yang akan berubah secara otomatis. Atau, bahkan pengemudi dapat menggunakan sistem transmisi manual dengan pengaturan pada pedal shift yang ada. Untuk meningkatkan kecepatan pada awal perjalanan, pengemudi dapat menggunakan opsi Launch Control yang memungkinkan kendaraan mencapai kecepatan optimal tanpa harus mengalami slip pada roda.

Seperti layaknya Audi tipe RS lainnya, Audi RS 4 Avant dilengkapi mesin standar quattro yang menggerakkan keempat rodanya (all-wheel drive). Kuncinya ada pada sistem transmisi crown-gear center differential. Sistem yang kompak dan berkomponen ringan ini mampu mendistribusikan tenaga mesin baik ke bagian depan ataupun ke belakang mobil dengan baik. Dan, dalam jarak tempuh tertentu mampu menghasilkan pembagian tenaga 70 persen ke depan atau 85 persen ke belakang. Dengan rasio 40:60 yang cenderung beri penekanan tenaga pada bagian belakang mobil, dapat menghasilkan konfigurasi yang sporty handling.

•    All-new BMW Seri 4 Coupè
Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang dibidik untuk peluncuran all-new BMW Seri 4 Coupè. Proporsi seimbang yang sempurna, pusat grativasi yang rendah, dan mesin bertenaga pada varian ini, kian mempertegas standar baru dalam segmen model coupè,  terutama dalam hal keindahan desain dan kedinamisan. Gaya khas model dua pintu yang terdapat lambang ‘’4’’ merefleksikan keindahan desain dan fiturnya yang superior.

Beberapa update dari seri sebelumnya yang dihadirkan pada all-new BMW Seri 4 Coupe adalah: akurasi sistem kemudi, presisi dan kelincahan, distribusi berat yang merata, electric power-steering, tingkat konsumsi bahan bakar yang dioptimalkan, aerodinamika yang dipertajam, konstruksi mobil yang ringan.

Di Indonesia, generasi keempat BMW sporty premium mid-size coupe, ini, diperkenalkan dalam jenis model dengan spesifikasi paling tinggi, yaitu BMW 435i M Sport. All-New BMW Seri 4 Coupe tampil dengan garis atap yang lebih rendah memberikan sorotan fokus yang jelas pada keseluruhan sosok Coupe yang dinamis ini. Dimensi tersebut dikombinasikan dengan ciri khas BMW yang terdapat pada BMW Seri 4 Coupe seperti overhang yang pendek, kap mesin panjang.

Interiornya menyajikan perpaduan daya tarik sporty dan eksklusivitas. Kontrol kendaraan yang sepenuhnya berorientasi pada pengemudi, memberikan pengemudi kemudahan untuk mengakses seluruh fungsi yang ada dengan mudah.

Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin bensin 3 liter enam silinder sejajar. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo terbaru yang sanggup menghasilkan tenaga 306 hp pada 5.800-6.000 rpm. BMW 435i Coupe hanya butuh 5,1 detik untuk melesat dari posisi 0 sampai 100 km/jam.

Varian baru ini langsung dapat dipesan di IIMS dengan harga Rp 998.000.000 off-the-road, dilengkapi BMW Service Inclusive, berupa perawatan gratis selama 5 tahun atau 60.000 km mana yang lebih dulu.

•    BMW Z4
BMW Z4 merupakan simbol ikonik dari tradisi turun-temurun desain BMW, berupa roadster dengan karakter yang kuat dan tampilan sporty yang memikat. Mobil yang memadukan sentuhan klasik dan teknologi tingkat tinggi ini dipersenjatai dengan kekuatan mesin yang lebih perkasa dan berbagai perangkat inovatif.

Kap mesin yang landai, wheelbase yang panjang, betline rendah, dan bagian belakang rendah menciptakan kesan lebih hidup dan tegas dalam penampilannya dibandingkan dengan model-model lain di segmennya. Posisi tempat duduk yang rendah, tepat di depan poros roda belakang (real axle) membuat pengemudi dan penumpang dapat merasakan pengalaman intens dari daya dorong yang memanjang dan melebar pada roda belakang.

Atap hardtop terpadu sempurna dengan tampilan bentuk kendaraan. Dalam keadaan tertutup, tampak membungkus roofline dengan halus, sementara permukaan jendela yang luas memungkinkan pandangan ke semua sisi serta menciptakan ruang interior yang lega.

Menurut Ramesh Divyanathan , Presiden Direktur BMW Group Indonesia, New BMW Z4 perpaduan antara sentuhan klasik dan teknologi tingkat tinggi mendefinisikan karakter tegas pada BMW Z4.

BMW New Z4 dilengkapi teknologi BMW TwinPower Turbo yang menjamin keseimbangan antara konsumsi bahan bakar di seluruh rentang output dan kenikmatan berkendara.  Ada beberapa penambahan pada interior, di antaranya high-gloss hitam mengelilingi ventilasi udara utama dan pengaturan sistem iDrive folding Control Display, yang merupakan bagian dari Navigation System Professional.

New BMW Z4 hadir dengan dua model, yaitu sDrive20i dan sDrive35i. Model pertama dibanderol seharga Rp929 juta, sedangkan model kedua seharga harga Rp1,4 miliar. Harga-harga tersebut belum termasuk pajak alias off the road.

•    BMW M6 Gran Coupe
BMW M6 Grand Coupe mengusung mesin berkapasitas 4.400 cc Twin Power Turbo bertenaga 560 HP. Keunikannya ada pada velg 20 inci, jok kulit berpemanas di kursi baris depan, automatically dimming rear-view. Fitur hiburannya mencakup radio hi-fi loudspeakers dengan dukungan tata suara dari Bang & Olufsen, plus optional pembagian sistem 4-zona plus control panel di kompartemen belakang.

Seperti juga spesifikasi M yang lain, di dalamnya terdapat BMW Head-Up Display, Park Distance Control, kamera parkir mundur, High Beam Assistant, Speed Limit Info, Lane Change Warning, Lane Departure Warning, Surround View, juga BMW Night Vision yang membantu pengemudinya agar mewanti-wanti pejalan kaki yang secara kasat mata tidak terlalu lihat kala berkendara malam hari.

Anggota terbaru dari keluarga BMW M6 ini mengusung Mesin V8 high-rev 4.395 cc V8 berteknologi M TwinPower Turbo bertenaga 560 hp pada 6.000-7.000 rpm plus torsi 680 Nm antara 1.500 hingga 5.750 rpm ini mampu melesatkan BMW M6 Gran Coupé menggapai 100 km/jam hanya dalam 4,2 detik dari kondisi statis.

Meskipun perkasa, kendaraan bertransmisi 7-speed M Double Clutch dengan Drivelogic ini rata-rata mengonsumsi bahan bakar dengan rasio 10,1 km/liter dengan emisi CO2 232 g/km, dan atas nama keselamatan, kecepatan kendaraan ini dibatasi secara elektronis di angka 250 km/jam. Efisiensi kendaraan sport ini didukung oleh sistem Auto Start Stop.

BMW M6 Gran Coupé hadir di Indonesia dengan harga Rp2.598,000.000 off the road, termasuk BMW Service Inclusive berupa perawatan bebas biaya selama 5 tahun atau 60,000 kilometer, mana yang lebih dulu.

•    BMW X3 Xdrive 2.0i
Meskipun tidak tergolong baru, mobil yang juga ikut dipajang di lantai IIMS 2013 ini tetap memikat animo pengunjung. The all-new BMW X3 xDrive 20i tahun 2012 ini dibanderol Rp.929 juta.

Mobil berotot ini mengusung mesin 1,997 4 silinder, dengan Output 135 kW/184 hp pada 5000 rpm, dengan torsi puncak 270 Nm pada rpm 1,250-4,500. Kecepatan maksimalnya mencapai 210 km/jam, dan mampu menembus kecepatan dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,6 detik.

•    Mercedes-Bens A 45 AMG Edition1
Penampilan hatchback sporty A 45 AMG Edition 1 di IIMS 2013 menjadi yang pertama kalinya di Indonesia. Mobil compact bertenaga tinggi yang didukung oleh mesin empat silinder, ini,  menghasilkan output 265 kW (360 hp) dan torsi puncak 450 Nm, berkat mesin turbo 2.0-liter AM
Nilai output dan torsi yang tinggi digabungkan dengan AMG 4MATIC yang berorientasi pada all-wheel drive membuat kinerja mesin sangat dinamis. Lihat saja akselerasinya dari 0 sampai 100 km /jam mencapai 4,6 detik, dengan kecepatan tertinggi 250 km/ jam. Mobil dengan harga Rp1,074 miliar off the road, ini, sudah ludes terjual sebanyak 10 unit di ajang IIMS 2013.

•    Camaro Hot Wheels Edition
PT General Motors Indonesia memajang Chevrolet Camaro Hot Wheels di IIMS 2013. Ini merupakan kali pertama mobil Hot Wheels ukuran sebenarnya yang dijual oleh pabrikan mobil. Camaro Hot Wheels memakai mesin V8 6.200 cc dengan pilihan  transmisi otomatis dan manual. Tenaga yang dihasilkan versi manual mencapai 432 dk dengan torsi 569 Nm. Sementara yang otomatis 405 dk dengan torsi 556 Nm.

Bodi dilabur kelir Kinetic Blue dengan tambahan grafis unik khas Hot Wheels. Mobil ini juga dibekali spoiler, splitter, pelek 20 inci dan gril dengan logo Hot Wheels. Di dalam, jok dan panel pintu dilapis kulit hitam dengan jahitan herah serta hitam. Logo Hot Wheels juga terdapat di kedua jok depan. Ada decal khas Hot Wheels di panel pintu dan logo Hot Wheels di karpet dan door sill plate.