Obsession Awards 2023 "Best Regional Leaders"

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 March 2023

M. Taufan Pawe

Wali Kota Parepare

Naskah: Arif Rahman Hakim Foto: Istimewa

 

Dr. H. M. Taufan Pawe, S.H., M.H. dikenal sebagai pengacara tahun 1990- an. Setelah cukup lama menjadi pengacara, Taufan terjun ke gelanggang politik. Tahun 2013 dia maju sebagai calon Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Ketika itu ia berduet dengan Faisal Andi Sapada, Sekretaris Daerah Kota Parepare. Pasangan yang diusung oleh Partai Golkar ini memenangkan Pilkada Parepare 2013. Taufan dan Faisal dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018.

Sukses pada periode pertama, tahun 2018 Taufan Pawe kembali maju sebagai calon wali kota di Pilkada Parepare. Kali ini ia menggandeng sesama kader Golkar, Asriadi Samad. Duet Taufan– Asriadi secara cemerlang meraih kemenangan, dan mengemban jabatan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Parepare untuk periode 2018-2023. Karier politik Taufan semakin bersinar ketika ia terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan periode 2020-2025.

Taufan figur yang tangguh. Taufan memperbaharui wajah Kota Parepare. Beberapa objek wisata dibuat seperti Kebun Raya Jompie, Tonrangeng River Side, Monumen Cinta Sejati HabibieAinun, kawasan kuliner Hastom, Taman Mattirotasi, hingga mempercantik PareBeach. Semuanya tak lain demi menarik minat para wisatawan datang. Dinakhodai Taufan, Parepare terus menjelma menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi Selatan, dengan visi menjadi kota industri tanpa cerobong asap.

Taufan Pawe menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Bersama sembilan kepala daerah lainnya, ia menerima trofi penghargaan dari PWI, disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Prestasi lainnya adalah Taufan menyabet penghargaan di Ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk kategori Pariwisata. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh dirinya di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah. Penghargaan ini diberikan kepada Taufan, karena ia mampu membuktikan Parepare telah dipenuhi dengan pembangunan infrastruktur maupun ikon-ikon kota yang terinspirasi dari cinta mantan Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. 

Taufan Pawe lahir di Kota Parepare pada 14 Oktober 1965. Ia mengenyam seluruh pendidikan di tanah kelahirannya. Dan dirampungkan pendidikannya di SDN 20 Parepare (1977), SMP Frater Parepare (1980) dan SMAN 1 Parepare (1983). Lepas masa berseragam putih abuabu, Taufan merantau ke Kota Makassar.

Ia melanjutkan studi di S1 Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI). Setelah menyandang gelar SH, ia menempuh program Pascasarjana Magister dan Doktoral Hukum di Universitas Hasanuddin (Unhas). Untuk Doktoral Hukum di Unhas, ia sukses melewati ujian promosi pada 2014 silam dengan judul disertasi "Implementasi Proses Peradilan yang Adil bagi Tersangka dan Terdakwa dalam Peradilan Tindak Pidana Korupsi."