Obsession Awards 2023 "Best Entrepreneurs"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Ronny Lukito

Founder & Chairman PT Eigerindo Multi Produk Industri

Naskah: Gia Putri Foto: Fikar Azmy

 

Di bawah kepemimpinan Ronny Lukito, PT Eigerindo MPI yang dikenal sebagai sebagai brand-nya para petualang sejak berdiri pada 1989 ini mengukuhkan diri di industri adventure gear sebagai Brand Tropical Adventure.

Eiger menjadi pelopor lantaran belum ada brand outdoor dunia yang mengkhususkan diri pada bidang penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang alam tropis. Produk Eiger dirancang melalui berbagai macam riset mengusung prinsip design-developtested, dengan serangkaian uji coba baik di laboratorium maupun di lapangan.  Selain itu, Eiger juga menggunakan pendekatan experienced based stories menggunakan beberapa brand ambassador, seperti Ramon Y Tungka serta menggandeng beberapa influencers, antara lain Darius Sinathrya dan Khansa Syahlaa untuk menggambarkan pengalaman nyata pemakaian produk Eiger di alam bebas.

pemakaian produk Eiger di alam bebas. Sebagai sosok yang mempunyai kemauan besar untuk belajar dan tekun terus melakukan eksplorasi, peraih penghargaan The Best Industry Marketing Champion 2022 pada ajang Marketeer of The Year (MOTY) 2022 ini mengatakan, Eiger akan lebih fokus dalam mengembangkan program sustainability dengan harapan apa pun yang pihaknya lakukan dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga dan memperbaiki kondisi alam Indonesia.

Komitmen untuk menjadikan program keberlanjutan sebagai fokus utama perusahaan pun telah dimulai dengan penyusunan lima pilar yang menjadi fokus pengembangan dan pembenahan, dengan singkatan E.I.G.E.R. Meliputi Empower & Educate Community, Innovative & Sustainable Production & Consumption, Good Corporate Governance, Eco & Friendly Store & Office, Responsible Shipping & Warehousing dengan target pencapaian pada 2030.

Brand lokal asal Bandung Jawa Barat ini akan membuka toko internasional pertamanya di Swiss pada 2023 ini. Pemilihan negara tersebut bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan adanya keterkaitan antara brand Eiger dan Swiss. Nama dari Eiger merupakan nama salah satu gunung yang ada di Swiss. Standar kualitas tertinggi negara ini pun menjadi inspirasi Eiger untuk meningkatkan terus kualitasnya, hingga mampu bersaing di pasar global. Ronny berharap pembukaan toko baru di Swiss bisa membuka peluang selanjutnya untuk membawa nama Eiger mendunia. Setelah Swiss, Ronny mengatakan akan ada ekspansi Eiger ke negaranegara lainnya mulai dari negara di Asia Tenggara.

Selain itu, Eiger juga akan memperkenalkan kepada publik global tentang Eiger Adventure Land, sebuah kawasan ekowisata alam yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat. Diharapkan kawasan ekowisata tersebut dapat memberikan kontribusi positif terhadap konservasi alam, pelestarian budaya, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan ekonomi regional maupun nasional di Indonesia.

Tak kalah membanggakan pada 2023 ini, Eiger berkolaborasi dengan WIR Group hadir di ajang World Economic Forum (WEF) 2023 yang digelar di Davos 16 - 20 Januari. Keduanya menampilkan purwarupa adaptasi teknologi interaktif masa depan. Dalam WEF Davos 2023, WIR Group dan Eiger juga mendorong akselerasi ekonomi digital serta mendukung pelaksanaan rencana strategis pengembangan ekosistem perekonomian digital Indonesia.