Obsession Awards 2023 "Best Entrepreneurs"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk

Naskah: Sahrudi Foto: Istimewa

 

Totalitasnya sebagai pengusaha nasional telah dibuktikan dengan selaksa prestasi dan kiprahnya dalam dunia bisnis. Betapa tidak, alumni University of Southern California di bidang Computer Engineering, dan meraih Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University, California, Amerika Serikat ini sukses sebagai pebisnis di bidang energi, media, keuangan dan teknologi. Antara lain, ia menduduki posisi Presiden Komisaris PT Indika Infrastruktur Investindo dan PT Indika Multi Properti.

Ia juga menjabat Komisaris PT Indika Inti Corpindo, PT Grab Teknologi Indonesia, Kideco, PT Indika Energy Infrastructure dan PT Rukun Raharja Tbk. Tak ketinggalan Arsjad juga menduduki kursi komisaris PT Net Media Televisi Tbk. Tak heran kalau sosok yang menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, ini dipercaya menduduki posisi sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026.

Di tingkat regional, Arsjad terpilih sebagai Ketua ASEAN BAC atau Business Advisory Council untuk masa jabatan 2023. ASEAN BAC atau seperti Kadin di tingkat ASEAN, diluncurkan sejak April 2023. Kapasitas dan kapabilitas Arsjad juga telah mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo dengan menunjuknya menjadi salah satu anggota Tim Koordinasi Nasional Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Ia menjadi anggota bersama dengan lima menteri Jokowi lainnya, seperti tertuang dalam Pasal 19, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Alumni program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika ini juga aktif dalam berupaya menarik investor asing ke Indonesia. Begitu pun dalam upaya memberdayakan pengusaha UMKM.

Sebagai Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY) Arsjad Rasjid juga telah menorehkan sukses di tahun 2022. Di antaranya menjadi perusahaan energi terdiversifikasi di Indonesia. Selain itu anak usaha Indika Energy, yakni PT Ilectra Motor Group (IMG) sukses meluncurkan motor listrik Alva. Indika juga mendirikan joint venture dengan Foxconn untuk membuat ekosistem bus listrik atau eBus. Pada tahun yang sama, grup usaha ini juga telah menyelesaikan proses divestasi 69.8 persen saham Petrosea. Selanjutnya, Indika juga akan menjadi perusahaan pertama yang  membawa eco friendly nickel processing di Indonesia.

Sedangkan untuk performa bisnis, perusahaan ini di tahun 2022 tercatat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Mengutip laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Desember 2022, PT Indika Energy Tbk meraih pendapatan USD3,13 miliar atau sekitar Rp48,3 triliun (asumsi kurs Rp15.444 per dolar AS)  hingga akhir kuartal III 2022.

Di sisi lain, sebagai perusahaan yang fokus pada pertambangan khususnya batu bara, PT Indika Energy Tbk juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan korporasi dengan  gencar membangun energi baru dan terbarukan (EBT), di antaranya energi solar cell atau energi matahari dan sepeda motor listrik merek Alva. Arsjad bertekad ketergantungan terhadap batu bara, perlahan mulai dikurangi, antara lain lewat divestasi perusahaan yang berkaitan dengan batu bara.