Obsession Awards 2023 "Best University Leaders"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Mochamad Ashari

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Naskah: Sahrudi Foto: Istimewa

 

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng., IPU, Asean Eng. adalah figur akademisi yang sukses membawa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi Universitas Riset dan Inovasi berkelas dunia. Dengan programnya, Prof. Ashari melambungkan ITS ke posisi tinggi. Terbukti, ITS meraih peringkat pertama di Indonesia dan ke-64 Dunia pada Times Higher Education (THE) Impact Rankings tahun 2021.  Tahun 2023, ITS meraih posisi 146 untuk Asia di QS World University Ranking, dan posisi 277 dunia untuk engineering dan teknologi.

Pemenuhan standar global 41 Departemen pun terus dilakukan. Hasilnya, ITS meraih 52 akreditasi dan sertifikasi internasional dari ABET, ASIIN, IABEE, dan AUN-QA. Di bidang riset dan inovasi, produk inovasi ITS masuk dalam produk unggulan nasional. Misal, 65 robot ‘Raisa’ buatan ITS yang membantu pasien di Rumah Sakit Pendidikan saat pandemi Covid-19. Lalu, lebih 5000 unit PC merek DIGITS buatan ITS hasil kolaborasi dengan industri dan Kemendikbudristek telah diproduksi dan distribusikan ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal. Sementara inovasi di bidang transportasi, ITS telah memproduksi sepeda motor listrik, bus listrik, perahu longboat, electric trail. Selanjutnya di bidang desain, ITS melahirkan 1000 desain kemasan dan 1000 tangan bionic yang diproduksi secara khusus.

Prof. Ashari juga mengantarkan ITS sebagai PTNBH terbaik dengan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang terekognisi internasional selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2021. Upaya dan inovasi sebagai Rektor ITS, mengantarkannya pula dalam meraih ”Innovation Award 2020” yang diberikan Curtin University, Australia.

Rektor ITS periode 2019-2024 ini pun berhasil membawa ITS meraih “Diktiristek Award” tahun 2022 sebagai perguruan tinggi nomor 1 terbaik dalam mencetak lulusan berkualitas yang mudah mendapatkan pekerjaan, studi lanjut dan berwirausaha.

ITS juga menjadi perguruan tinggi dengan destinasi terfavorit dengan kedatangan 1793 mahasiswa internasional. Selain itu, Mahasiswa ITS banyak merebut posisi juara umum berbagai kompetisi dunia, seperti kompetisi robot di Florida USA dan China. Tercatat 398 kejuaraan internasional telah dimenangkan.

Rektor lulusan Curtin University ini juga banyak melakukan transformasi fasilitas pendidikan termasuk smart classroom, gedung, dan peralatan laboratorium termutakhir sebagai penunjang kegiatan akademik. Tak tanggung-tanggung, hingga tahun 2023 dana sebesar setengah triliun rupiah digelontorkan untuk memperbarui fasilitas pendidikan di ITS.

Rektor sekaligus Ketua Umum SNPMB 2023 ini mengantarkan ITS meraih “Anugerah Diktiristek 2022” dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dengan 10 penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di berbagai bidang dan dua penghargaan kepada mitra ITS dalam komersialisasi hasil inovasi. Sebagai pendidik yang juga abdi negara, rektor ITS ini dianugerahi Satyalancana Karya Satya tahun 2021 dari Presiden RI. Itulah, Prof. Ashari yang mengabdi tak kenal henti.