Henry Husada, Hidup Bermanfaat Bagi Banyak Orang

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 February 2023

UMKM untuk Indonesia Maju

Industri pariwisata tak terlepas dari ekonomi kreatif dan para pelaku UMKM. Untuk itu, Henry pun sangat concern pada pemberdayaan UMKM. Karena menurutnya UMKM adalah tiang negara Indonesia. Indonesia akan semakin maju jika banyak pelaku UMKM yang berhasil. Henry menekankan, “UMKM harus maju! Kalau UMKM maju, tentu Indonesia bisa lebih maju dan mengurangi pengangguran, jadi semuanya bisa berdikari.” Ya, dalam perbincangan dengan Men’s Obsession, Henry terlihat tampak begitu bersemangat ketika membicarakan perannya terhadap UMKM di Indonesia. Berikut petikannya:

Bisnis Bapak di bidang hospitality yang kita tahu saat pandemi Covid-19 lalu terpuruk, bahkan banyak hotel yang harus gulung tikar. Bagaimana Bapak bisa survive menghadapi pandemi?

Kita sangat terkejut ada pandemi di tahun 2020. Kita terpuruk selama dua tahun, yang paling terpuruk di sektor pariwisata tentunya tempat pariwisata, tempat hiburan, dan terlebih lagi hotel. Tapi, kita kan tidak mungkin membiarkan hal ini terus berlanjut. Jadi, kita harus inovatif dan kreatif agar hotel bisa bangkit lagi. Dan sekarang pasca pandemi saatnya pariwisata Indonesia harus digalakkan kembali. Bagaimana caranya, menurut saya ya kita berpariwisata di Indonesia saja, jadi masyarakat Indonesia berwisata di Indonesia saja. Saya sudah keliling seluruh Indonesia, keindahan negeri ini tidak kalah dengan yang di luar negeri. Tapi, itu belum dieksplorasi, belum dipromosikan, atau dioptimalkan.

 

Seperti apa pengembangan bisnis Bapak ke depan, apakah masih di bidang pariwisata?

Ya, saya tetap fokus di pariwisata karena saya yakin seyakin-yakinnya bahwa pariwisata ini akan bangkit kembali. Apalagi Indonesia negara yang indah, banyak kota yang mempunyai daya tarik sendiri untuk dikunjungi. Dan kita juga tidak mau pariwisata terpuruk terus. Saya ingin sekali membangkitkan pariwisata ini menjadi lebih baik lagi, supaya menarik para wisatawan khususnya para wisatawan dari satu daerah ke daerah lain supaya semua daerah di seluruh Indonesia itu hidup. Jadi pariwisata bisa maju.

Belum lama ini saya datang ke Depok yang masih bagian dari Jawa Barat juga. Di sana ada satu kawasan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Pak Wali kota memberi saya tantangan untuk membuat sesuatu yang menarik dan berbeda agar Depok juga menjadi tujuan wisata di Jawa Barat. Akan saya buat, akan saya kaji, dan nantinya akan ada satu project pariwisata yang melibatkan penduduk sekitar, melibatkan pengusaha sekitar dan orang-orang sekitar Depok supaya menjadi bermanfaat. Menjadi satu kebanggaan bahwa di Depok ada loh tempat pariwisata seperti ini. Selain Depok ada lokasi lain yang mau kami garap project wisata dengan perpaduan antara lifestyle, hiburan, dan edukasi yaitu di Kuningan. Tunggu saja tanggal mainnya.

 

Dari seorang pebisnis, kabarnya Bapak mulai tertarik terjun ke politik. Apa alasannya?

Awalnya saya melihat, bertemu, berkenalan, dan bersama-sama dengan orang politik. Di situ saya melihat bahwa politik itu seperti ini, jika orang baik masuk ranah politik, maka politiknya tambah baik dan partainya juga akan tambah baik. Jadi saya mulai tertarik dan peduli. Tadinya saya hanya memikirkan bisnis saja tetapi sekarang ini tidak hanya itu. Kalau hanya mementingkan bisnis saja berarti kita hanya mementingkan diri kita sendiri dan kelompok, tapi kalau saya terjun di dunia politik, saya juga bisa membantu, minimal berbagi pengetahuan saya mengenai bisnis. Semua bisa saya tularkan juga kepada kawan-kawan saya di politik.

Selain itu, saya juga ingin hidup saya bermanfaat melalui politik. Saya rasa tidak cukup jika hanya dengan menjadi pengusaha, ada batasnya juga untuk membantu. Untuk itu sekarang ini saya mau terjun di dunia politik supaya saya bisa membantu lebih banyak orang lagi. Kita sekarang di negara Indonesia, saya lahir di Indonesia, saya juga sangat mencintai Indonesia, jadi selagi saya masih mempunyai waktu yang diberikan oleh Tuhan, tentunya hidup saya harus bermanfaat bagi banyak orang. Itu tujuannya.

Sebagai seorang pebisnis di bidang pariwisata yang tak terlepas dari peran pelaku UMKM, seperti apa Bapak melihat UMKM di Indonesia?

UMKM adalah tiang dari negara Indonesia. Jika UMKM khususnya para entrepreneur UMKM, memiliki produk bagus, kemasan bagus, dan pemasarannya bagus, maka itu akan berkembang. Sebagai contoh, misalnya yang tadinya dia seorang karyawan, dia hanya menafkahi istri dan anaknya. Tapi kalau seandainya kita bisa didik dia menjadi entrepreneur, tentunya dia bukan hanya menafkahi keluarganya saja, tapi juga orang lain dengan membuka lapangan kerja.

 

Seperti apa dukungan Bapak kepada para pelaku UMKM?

Saya sangat senang sekali membantu mereka. Saya membantu apa yang mereka tidak tahu, saya sharing, dan memberikan ilmu supaya produkproduknya dikenal. Dalam hal seperti apa kemasan dan promosinya bagaimana. Saya juga senantiasa selalu mendorong supaya UMKM maju. Kalau UMKM maju, tentu Indonesia bisa lebih maju dan mengurangi pengangguran, jadi semuanya bisa berdikari.

Sekarang ini setiap pergi ke mana pun saya selalu tonjolkan UMKM, selalu support UMKM. Produksi UMKM saya bantu pasarkan kepada siapa saja supaya mereka beli produk UMKM. Dengan Anda membeli produk UMKM ini Anda juga membantu UMKM menjadi maju dan dikenal semuanya.

 

Apakah ada binaan UMKM?

Saya membawahi ribuan UMKM. Saya membantu mereka, dan tentu ada binaan UMKM di bidang fashion, seperti pembuatan topi, atau sepatu, serta produk makanan. Sementara ini saya terfokus pada binaan UMKM di Jawa Barat karena sekarang saya banyak domisili di Bandung dan Jawa barat.

 

Apa pesan Bapak untuk para pelaku UMKM pasca pandemi?

Para pelaku UMKM ini atau para pengusaha tidak usah berkecil hati. Seperti contohnya saya, saya juga berawal dari UMKM hingga bisa seperti ini, bisa membantu banyak orang. Semua pasti bisa! Dan UMKM ini walaupun pandemi atau krisis tetap harus kita perhatikan. Sebenarnya sekarang ini dengan dunia media sosial yang sudah begitu canggih, produk-produk yang dihasilkan oleh para pengusaha UMKM bisa kita bantu sebarkan. Untuk teman-teman UMKM ayok kita bersama-sama, maju bersama. Karena Anda semua ini adalah para pahlawan. Kalau UMKM ini maju, Indonesia akan menjadi luar biasa. 

 

Ada yang mengatakan tahun 2023 akan terjadi resesi, bagaimana menurut Bapak?

Banyak orang mengatakan tahun 2023 akan terjadi resesi. Tapi kita harus tetap percaya kepada pemimpin kita, kepada Presiden kita. Karena seperti peribahasa ‘Di mana bumi dipijak di situlah langit dijunjung’. Untuk itu kita percayakan kepada pimpinan kita. Saya yakin Indonesia pasti lepas dari resesi. Dan untuk para pengusaha, untuk para pelaku UMKM, terus ciptakan inovasi dan kreativitas yang baru, khususnya UMKM. Apabila produk-produknya laku wah sangat luar biasa.

Belum lama ini Bapak merayakan Tahun Baru Imlek, apa makna imlek tahun ini bagi Bapak?

Imlek tahun ini sangat berkesan karena tahun ini adalah tahun Kelinci air yang mana saya juga shio Kelinci. Air kan boleh dikatakan semua manusia atau semua makhluk hidup sangat membutuhkan air. Nah, Kelinci air ini akan memberikan satu kebahagiaan, memberikan satu kesehatan, dan suatu suka cita. Jadi air ini maknanya sangat luar biasa.

Di tahun baru Imlek ini saya juga menginginkan dan berharap serta senantiasa selalu berdoa supaya nanti pada saat pesta demokrasi tahun 2024 karena sudah didahului dengan Kelinci air, semoga semuanya bisa tenang. Pemilihan politik silahkan saja yang mau pilih A, B, C, D silakan, tapi semuanya teduh dan tenang. Semuanya bergembira menyambut pesta demokrasi ini, kita bisa memilih dan pemimpin yang nantinya akan memimpin negara Indonesia, pasti sudah yang terbaik. Itu harapannya sangat luar biasa.