Obsession Awards 2021 - Best BUMD

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 December 2021

PT Mass Rapid Transit Jakarta

Naskah: Arif Rahman Hakim Foto: Istimewa

PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) bergerak di bidang sarana perkeretaapian umum perkotaan. Didirikan pada 17 Juni 2008 MRT Jakarta berbentuk badan hukum perseroan terbatas (PT) dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan struktur kepemilikan Pemprov DKI Jakarta 99,98%, dan PD Pasar Jaya 0,02%.

MRT Jakarta (Perseroda) merupakan salah satu perusahaan yang terkena dampak besar sepanjang pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, tantangan tersebut diubah menjadi peluang dengan berbagai inovasi maupun strategi.

Dari sisi penumpang tercatat kenaikan dari 5.989 orang pada Agustus 2021 menjadi 383.885 orang pada September 2021, atau naik sebesar 237%. Di bawah kepemimpinan Direktur Utama William Sabandar MRT Jakarta sukses menjalankan sejumlah inovasi dan transformasi bisnis beyond normal dengan tiga poros. Yaitu sebagai penyedia jaringan komprehensif (network provider), platform digital perkotaan (urban platformer), dan pembangkit pertumbuhan kota (city regenerator).

MRT Jakarta menyediakan fiturfitur yang mendukung dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mobilitas hariannya melalui MRT Business Space yang dikelola oleh vOffice sebagai penyedia layanan kantor bersama. Seperti virtual office dan serviced office di sejumlah negara. Ruangan ini juga dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet nirkabel.

Inovasi yang dilakukan MRT Jakarta tersebut memperoleh apresiasi tingkat global. MRT Jakarta menjadi satusatunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang meraih penghargaan dari FIDIC dalam ajang FIDIC Project Awards 2021. Penghargaan ini diberikan karena MRT Jakarta dinilai sebagai infrastrutur yang telah membuat perubahan nyata bagi lingkungan dan masyarakat dengan menerapkan kontrak FIDIC dan manajemen proyek yang baik.

Prestasi lainnya adalah MRT Jakarta meraih dua penghargaan di ajang TOP BUMD Awards 2021, yakni Bintang 5 dan TOP CEO BUMD 2021. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan dalam membangun kinerja dan layanan yang produktif pada masa pandemi Covid-19. Diselenggarakan di Hotel Raffless, Jakarta, pada September lalu.

TOP BUMD Awards 2021 merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada berbagai BUMD terbaik di Indonesia. Atas prestasi, perbaikan (improvement), dan kontribusinya terkait kinerja bisnis, layanan, dan lebih jauh lagi, turut berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

Prestasi lainnya adalah MRT Jakarta meraih empat penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2021. Yaitu BUMD dan Perusahaan Daerah Layanan Publik Terpopuler di Media Digital 2021, William Sabandar sebagai Pemimpin BUMD dan Perusahaan Daerah Layanan Publik Terpopuler di Media Digital 20201, Pelayanan Informasi Publik Terinovatif kategori Aplikasi predikat silver winner, dan Pelayanan Informasi Publik Terinovatif kategori website predikat gold winner. Penghargaan diumumkan secara virtual dalam gelaran Live Streaming The 3rd Anugerah Humas Indonesia (AHI) pada bulan September lalu.