Obsession Awards 2021 - Best BUMD

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 December 2021

Bank Jatim

Naskah: Indah Kurniasih Foto: Istimewa

Merebaknya pandemi di seluruh dunia memberikan imbas yang sangat besar bagi seluruh lini termasuk dunia perbankan. Meskipun pada masa sulit, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) terbukti tetap berhasil mencatatkan sederet prestasi gemilang.

Bank yang lebih dikenal dengan nama bank jatim ini mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp1,19 triliun pada kuartal III 2021. Nilai tersebut tumbuh sebesar 7,81% dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Pertumbuhan laba didorong angka kredit yang turut mengalami kenaikan sebesar 6,57% atau sekitar Rp43 triliun.

Pertumbuhan kredit di sektor UMKM pun menjadi penyumbang tertinggi, yaitu sebesar 13,32% (YoY) atau sekitar Rp7,32 triliun. Berhasil mencatatkan peningkatan laba dan pertumbuhan kredit, bank jatim juga ikut andil dalam mendukung UMKM di Tanah Air. Komitmen tersebut dibuktikan dengan penandatanganan kerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Fokus penyaluran kredit diberikan pada beberapa sektor usaha tertentu yang diprioritaskan oleh pemerintah. Beberapa di antaranya yakni, sektor ketahanan pangan, pariwisata, industri kreatif, dan perikanan. Melalui perjanjian kerja sama tersebut, BJTM mendapatkan persetujuan pinjaman dari LPDBKUMKM untuk periode 2019-2020 sebesar Rp200 miliar. Dana disalurkan melalui skim kredit pundi kencana dengan plafon maksimal Rp1 miliar.

Di sisi lain, demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di tengah pandemi, bank jatim kini fokus pada peningkatan kualitas pelayanan digital. Selain SMS banking, mobile banking, dan internet banking, bank jatim juga tengah meningkatkan layanan QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang penggunaannya terus meningkat.

Tidak hanya itu, bank yang didirikan pada 17 Agustus 1961 ini juga meluncurkan JConnect pada akhir Juli 2021 lalu. Brand digital baru ini merupakan strategi bank jatim untuk meningkatkan dan memberikan layanan yang adaptif terhadap kebiasaan baru masyarakat dalam bertransaksi di era pandemi. Adanya JConnect juga diharapkan mampu memperkuat tiga pilar penting yang saat ini terus dikembangkan, antara lain pilar pemerintah daerah dan ASN, UMKM, serta masyarakat umum.

Menjadi salah satu bank pembangunan daerah terbaik di Indonesia, sederet penghargaan bergengsi juga berhasil diraih bank jatim pada tahun 2021 ini. Salah satunya adalah penghargaan Indonesia Best Bank 2021 with Very Good Financial Health and Corporate Performance: Delicate Banking Business Development dalam kategori Bank Buku 3 dengan Total Aset Rp50 triliun-Rp100 triliun pada event Indonesia Best Bank Award 2021 yang digelar Warta Ekonomi. Beragam prestasi lain yang sukses diraih adalah TOP CSR AWARDS 2021, Indonesia Top Companies Awards 2021: Sektor Regional Development Bank.