Obsession Awards 2021 - Best BUMD

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 December 2021

PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali)

Naskah: Hasan Pessy Foto: Istimewa

Di Tengah tekanan pandemi Covid-19, Bank BPD Bali tetap mampu mencatatkan kinerja positif antara lain laba bersih sebesar Rp484 miliar atau naik sebesar 3,33% dibandingkan September tahun sebelumnya. Untuk dana pihak ketiga (DPK), bank berhasil menghimpun dana mencapai Rp23,34 triliun atau meningkat 6,85% dibandingkan September 2020 yang sebesar Rp21,85 triliun. Penyaluran kredit kepada UMKM, sampai dengan bulan September 2021 sebesar Rp8,72 triliun atau sebesar 43,98% dari total kredit.

Pencapaian tersebut juga didukung dengan percepatan digitalisasi dalam berbagai sektor antara lain digitalisasi proses bisnis pada Pemerintah Daerah. Mulai dari e-Bansos, e-Ticketing, e-Retribusi, Pembayaran Pajak Daerah Online dan Pembayaran Samsat dengan virtual account. Digitalisasi proses bisnis pun dilakukan dengan pembayaran tagihan rumah sakit secara online, maupun digitalisasi proses bisnis lainnya, seperti Mobile Banking, Internet Banking, QRIS, E-Link LPD, serta E-Link BPR.

Yang paling membanggakan adalah Bank BPD Bali merupakan salah satu Bank (Penyedia Jasa Pembayaran/PJP) dan satu-satunya Bank Pembangunan Daerah yang diikutsertakan oleh Bank Indonesia dalam Working Group QRIS Antar Negara. Melalui pembayaran QRIS Antar Negara diharapkan dapat memberikan hasil signifikan di sektor pariwisata, serta membantu UKM di Bali, meningkatkan inklusi keuangan, ekonomi digital dan transaksi e-commerce.

Bank BPD Bali juga senantiasa mendukung program OJK dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) melalui optimalisasi program Simpanan Pelajar (SimPel) dan juga akses KUR melalui website www.kurbali. com. Selain itu, Bank BPD Bali juga mendukung program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang diinisiasi Bank Indonesia.

Bekerja sama dengan Tabanan Hub, Bank BPD Bali mewujudkan Pembangunan Rumah Kreatif pada 30 April 2021 yang menganut konsep UMKM Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Diharapkan dapat menjadi pilot project pendataan UMKM desa terperinci yang pada akhirnya menciptakan champion UMKM di wilayah masing-masing.

Pameran Bali Bangkit di Art Center Tahap II, tanggal 27 April – 6 Juni 2021 bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Bali termasuk pelaksanaan capacity building untuk pelaku UMKM serta Webinar “UMKM Bangkit Bersama Bank BPD Bali” pada tanggal 20 Mei 2021 yang diikuti oleh 6710 pendaftar secara online melalui kanal YouTube Bank BPD Bali, dengan 2569 pengajuan proposal UMKM yang akhirnya menghasilkan pilihan 59 UMKM terbaik untuk diberikan stimulus usaha.

Dengan semua pencapaian di tahun 2021, Bank BPD Bali meraih penghargaan nasional sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik Kategori BUKU I dan II. Penghargaan prestisius tersebut diselenggarakan oleh Bank Indonesia, sebagai penghargaan tingkat nasional dengan penilaian secara transparan atas prestasi bank dalam optimalisasi penyaluran kredit kepada UMKM.

Bank BPD Bali juga menerima penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Bank Peserta SKNBI dan KPDHN Terbaik BUKU 1 dan BUKU 2, serta Mitra Kerja Terbaik Kategori PJP QRIS. Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga memberikan penghargaan kepada Bank BPD Bali sebagai peringkat terbaik dalam rangka penilaian kinerja debitur di Lingkungan KPPN Khusus Investasi kategori Perbankan.