Obsession Awards 2021 - Best University Leaders

Oleh: Syulianita (Editor) - 27 December 2021

Adiwijaya (Rektor Telkom University)

Naskah: Gia Putri Foto: Sutanto

Di bawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Adiwijaya, S.Si., M.Si., Telkom University (Tel-U) tak hanya mampu mempertahankan eksistensinya sebagai perguruan tinggi favorit, tapi juga melahirkan selaksa prestasi akademik dan riset yang memberikan kontribusi luar biasa bukan hanya bagi sivitas akademika, tapi juga rakyat Indonesia.

Time Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) kembali mengeluarkan peringkat universitaas dunia berdasarkan Bidang Keilmuan. Dilansir dari laman www. timeshighereducation.com, Tel-U berhasil meraih peringkat 1 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia berdasarkan bidang keilmuan Computer Science (Ilmu Komputer) dan berada pada peringkat 601-800 dunia. Selain itu, Tel-U juga berhasil meraih peringkat untuk PTS di Indonesia pada bidang keilmuan Engineering (Teknik) dan berada pada posisi 801-1000 dunia.

Selain itu, Tel-U juga berhasil menempati peringkat 401-450 pada QS World University Rankings Regional ASIA 2022. Dari 11 indikator penilaian Tel-U meraih skor tertinggi pada indikator International Faculty (Kelas Internasional), hal tersebut menjadikan tolok ukur kualitas fakultas di Tel-U yang bertaraf internasional.

Prestasi lainnya adalah belum lama ini, Telkom meraih peringkat Anugerah Perak pada SNI Awards 2021 dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN). SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah serta menjadi bagian dari upaya dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh organisasi yang diselenggarakan BSN. Penghargaan ini merupakan rekognisi untuk organisasi yang secara konsisten menetapkan standar, sehingga mampu mengelola perubahan dan bertransformasi dalam menghadapi era disrupsi yang dinamis.

Sebagai PTS kebanggaan bangsa, Tel-U terus melakukan inovasi di bidang teknologi. Bekerja sama dengan Telkomsel, Tel-U melakukan upaya pengembangan ekosistem 5G di Indonesia yang serentak diresmikan di lima kota di Indonesia.

Saat ini Tel-U telah mengembangkan beberapa aplikasi dan inovasi hasil riset pemanfaatan teknologi 5G beserta ekosistemnya. Di antaranya Telesthethoscope, sebuah stetoskop berbasis internet of things (IoT); PATRIOTNET, merupakan sistem terintegrasi dalam upaya preventif bencana. Dalam bentuk early warning system memanfaatkan teknologi IoT dan diintegrasikan dengan inovasi pemulihan jaringan telekomunikasi menggunakan Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS); Autonomous UVC Mobile Robot. Sebuah robot otonom yang dapat melakukan sterilisasi ruang isolasi medis dengan sinar UVC; Doctor Representative Robot (Doper), sebuah alat komunikasi antara dokter dan pasien Covid-19 dari jarak jauh yang memungkinkan pemantauan suhu dengan infra-red, dan lainnya.

Tahun ini, Tel-U juga memiliki Telecom Infra Project (TIP) Community Lab pertama di Asia Tenggara dan ke 14 di dunia. TIP adalah komunitas perusahaan global dan organisasi yang mendorong solusi infrastruktur untuk memajukan konektivitas global. Sejalan dengan visi Tel-U menjadi research and entrepreneurial university pada tah-un 2023, Tel-U berkontribusi dalam pengembangan start-up di Indonesia dan terbukti telah melahirkan empat start-up unggulan, yakni SISCA, TRAINO, STUDIA, dan SAKTI 4.0.