Obsession Awards 2021 - Best Regional Leaders

Oleh: Syulianita (Editor) - 25 December 2021

Ilham Syah Azikin (Bupati Bantaeng)

Naskah: Angie Diyya Foto: Istimewa

Di bawah kepemimpinan dan tangan dingin Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si., Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus torehkan prestasi. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya kembali lima penghargaan sekaligus pada lomba inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sulsel belum lama ini. Bantaeng menjadi daerah terbaik di Sulsel yang meraih penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik di Sulsel.

Bupati muda bergelar doktor peraih penghargaan ketahanan pangan tingkat nasional ini kerap menerapkan prinsip kerja inovasi secara efesien. Ia meraih apresiasi Best in Managing Sustainable Development dari daftar Kepala Daerah yang mendapatkan apresiasi dalam acara Indonesia Visionary Leaders (IVL). Dalam persentase itu, Lulusan S2 Fakultas Administrasi Pemerintahan Daerah Universitas Hasanuddin dan S3 Administrasi Publik Universitas Negeri Makassar ini dianggap sebagai salah satu kepala daerah dengan visioner di masa pandemi Covid-19. Ia juga selalu mendorong potensi SDM di Bantaeng yang diyakini menjadi daerah terbaik di Sulsel yang kaya inovasi.

Awal 2020 menjadi masa-masa sulit yang harus dihadapi para pemimpin daerah di Indonesia, karena tak semua pendahulu mereka dihadapkan pada kondisi seperti ini. Ancaman virus mematikan di depan mata. Serbuannya yang merambah daerah-daerah di Sulsel mendapat respons kebijakan berbeda dari tiap kepala daerah. Kepanikan di awal munculnya virus tersebut tentu dialami banyak orang. Ilham sendiri tak menampik itu. Namun, berkat kerja kerasnya, laju penularan virus dapat ditekan. Ia yang telah malang melintang pada berbagai jenjang struktural birokrasi ini paham apa yang harus dilakukan. Penanganan dan pencegahan dikerjakan dengan melibatkan masyarakat hingga berhasil terkendali.

Ilham mengakui Bantaeng memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang luar biasa. Menurutnya, SDM ini memiliki daya saing hingga di tingkat nasional. “Sudah terbukti di beberapa lomba inovasi kita bisa sukses di level nasional,” jelasnya. Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 25 November 1973 ini mengatakan, berdasarkan potensi SDM tersebut, Bantaeng selalu menjadi daerah terbaik di Sulsel yang kaya akan inovasi. Terdapat lima inovasi yang dianggap terbaik dari Kabupaten Bantaeng. Ia berharap inovasi-inovasi yang ada saat ini senantiasa memberikan manfaat untuk masyarakat.

Hampir segala aspek tak luput dari perhatiannya. Termasuk soal pangan, Ilham berpendapat, pemerintah memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terus mengembangkan pertanian yang sehat di Bantaeng. Menurutnya, penggunaan pupuk organik selain lebih sehat juga dapat mendorong peningkatan produksi pertanian.

Ilham juga mengajak kepada semua petani di daerahnya untuk mengubah pola pikir mereka tentang pupuk subsidi yang mengandung bahan kimia. Menurutnya, sudah saatnya kini para petani Bantaeng beralih ke pupuk organik yang lebih sehat dan berkualitas. Ia juga menyampaikan, pemerintah pusat kini telah mengurangi kuota pupuk bersubsidi hampir di semua daerah di Indonesia. Oleh karena itu, dia berharap pupuk organik ini bisa menjadi solusi di tengah masa pandemi yang menuntut peningkatan ketahanan pangan daerah.