Ronny Lukito (Founder & CEO PT EIGERINDO MPI) Legacy EIGER untuk Indonesia

Oleh: Syulianita (Editor) - 16 February 2021

32 Tahun EIGER

Belum lama silam, Men’s Obsession mendapat kesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Ronny Lukito. Banyak hal yang menarik yang ia sampaikan, seperti adanya pandemi Covid-19 tak membuat pemilik brand EIGER, Bodypack, dan Exsport ini putus asa dalam berbisnis. Ia terus mempertahankan usahanya.

Ia selalu mengingat pesan Ibu tercinta untuk semakin banyak berbagi di tengah situasi sulit dan tidak melupakan Tuhan. Meskipun perusahaan terkena dampak pandemi Covid-19, rapid maupun swab test 4500 karyawan tetap rutin dijalankan. Kegiatan CSR seperti membagi sembako, masker, hand sanitizer, APD ke rumah sakit tetap dijalankannya.

Lalu apakah solusi bisnisnya untuk 2021 dan bagaimana konsepnya menjaga lingkungan, hingga ke rumahnya yang luas dipenuhi pepohonan dan kebun bermanfaat? Berikut ini petikan wawancaranya.

Pada awal Maret 2020, kita mendapat cobaan pandemi Covid-19. Bagaimana dampaknya bagi EIGER dan apa saja strategi bisnis yang akan dilakukan EIGER pada tahun 2021 ini?

Untuk bisnis kami, pada bulan Maret terjadi penurunan sekitar 32 persen. April terasa sekali, kami turun sekitar 60 persen. Namun, kami bersyukur pada bulan Mei bisnis kami sudah mulai menggeliat lagi sampai saat ini.

Secara general, strategi kami pada tahun 2021 adalah berupaya lebih baik untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul dari bisnis kami terhadap alam melalui sustainability development program. Kami pun fokus pada pengembangan SDM untuk menjadi pribadi yang lebih baik secara pengetahuan, kemampuan/kompetensi, dan sikap hati melalui Individual Development Program.

Terus memberikan pengalaman yang lebih bagi konsumen kami baik itu melalui channel online maupun offline, dan terus berinovasi untuk pengembangan produk, pengalaman dan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Eigerian (red. sebutan untuk para pengguna produk EIGER).

 

Tahun ini EIGER menginjak usia ke-32 tahun, apa saja untaian harapan dari Bapak?

Harapan utama saya di tahun 2021 adalah semua karyawan dan pihak terkait selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Di sisi lain, pada tahun 2021 ini kami akan lebih fokus dalam mengembangkan program sustainability dengan harapan apapun yang kami lakukan dapat menjadi bagian dari solusi untuk memperbaiki kondisi alam Indonesia.

Terlebih, pada tahun 2021 kami juga akan lebih fokus terhadap people development melalui Individual Development Program. Melalui program ini, kami akan menggali kemampuan setiap individu dan bersama-sama mengembangkan area-area yang masih perlu dikembangkan. Hal ini dilakukan agar setiap individu dapat berkembang bersama perusahaan.

 

Bapak dikenal sebagai pribadi yang sangat menjaga lingkungan. Hal ini terlihat dari kediaman Bapak yang begitu asri dengan dikelilingi pepohonan. Konsep sustainability juga masuk ke dalam visi misi EIGER, bisa diceritakan?

Sejak muda saya mencintai alam dan lingkungan, saya suka bertualang, mendaki gunung. Dari kegemaran ini, saya banyak mendapat ilmu dari mentor saya para penggiat lingkungan. Mereka juga mengingatkan bahwa alam dan lingkungan harus kita pelihara.

Tadinya lahan rumah saya ini gundul, bekas kebun sayuran, tidak ada satu pohon besar satu pun, lalu mulai ditanam pepohonan sehingga bisa asri seperti saat ini, sudah berjalan kurang lebih selama 10 tahun. Selain itu, kami juga bercocok tanam/berkebun bersama masyarakat sekitar sini.

Di perusahaan, konsep sustainability itu sudah ada di hati kami, menjadi visi misi B & B Group dan PT Eigerindo MPI. Melalui Gerakan Tanam Indonesia, kami berkomitmen melakukan pembibitan, penghijauan di alam Indonesia, satu tahun-satu juta pohon.

 

Awal tahun 2021, Indonesia didera duka dengan banyaknya bencana di Tanah Air, apa saja langkah nyata EIGER untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana?

Untuk kegiatan penanggulangan bencana, kami selalu bekerja sama dengan instansi pemerintah, komunitas, dan sukarelawan termasuk dengan BNPB dalam penyaluran bantuannya.

Selain BNPB, Jabar Quick Response (JQR) juga selalu membantu kami dalam menyalurkan bantuan khususnya di area Jawa Barat. Saat ini, kami juga sedang merencanakan program penghijauan dengan PTPN 8 di Gunung Mas, dengan harapan program ini dapat mencegah kemungkinan bencana alam.

Ke depannya, kami pun akan tetap menjalin hubungan dengan komunitas dan partners untuk bersama-sama membantu sesuai kemampuan kami.

 

SHARE (Servanthood, Harmony, Agile, Respect, Empowerment) merupakan budaya perusahaan di Eigerindo. Bagaimana Bapak menerapkan budaya ini di kehidupan sehari-hari?

Kami semua termasuk saya masih belajar untuk dapat menerapkan SHARE secara keseluruhan di kehidupan sehari- hari. SHARE sebenarnya merupakan sebuah proses yang berkelanjutan, mulai dari Servanthood hingga akhirnya kita bisa Empowerment.

Servanthood – Bagaimana kita dapat melakukan sebuah pekerjaan sepenuh hati untuk melayani Tuhan, dan dengan keikhlasan terus menumbuhkembangkan sesama. Harmony – Setelah muncul servanthood di diri kita, barulah kita bisa menciptakan keselarasan untuk mencapai tujuan bersama. Kita saling terbuka, saling membantu, dan saling percaya dalam proses Plan, Do, Check, Action, demi tujuan yang sama.

Agile – Dengan lingkungan yang harmoni, kita akan terus belajar sehingga dapat bekerja lebih cerdas dan adapatif. Dengan tujuan untuk dapat memberikan solusi dan inovasi yang sesuai kebutuhan, serta perbaikan berkesinambungan.

Respect – Wujud nyata turunan dari Servanthood ditunjukkan dengan sikap saling menghormati , mengutamakan kepentingan bersama dan menghargai lingkungan. Empowerment – Dan yang terakhir, setelah kita bisa mengamalkan S,H,A, dan R, setiap pemimpin tergerak untuk aktif: menemu kenali, menumbuh- kembangkan, dan menciptakan pemimpin-pemimpin baru.

 

Sekarang kami akan bertanya hal yang lebih personal, menurut Bapak apa parameter kesuksesan seseorang?

Kesuksesan itu relatif. Ada yang mengukur dari banyaknya uang, besarnya usaha, dan lainnya. Namun bagi saya, seseorang dapat dikatakan sukses jika ia dapat menjadi berkat dan manfaat bagi banyak orang, serta dapat menjaga keutuhan dan kerukunan keluarga.

 

Bagaimana cara Bapak menghilangkan kepenatan atau stres dalam bekerja?

Kegiatan yang paling saya gemari untuk menghilangkan stres adalah latihan menembak. Menembak sudah menjadi hobi saya sejak dulu. Selain itu, berolahraga, nonton film, dan berkumpul dengan keluarga juga kegiatan yang saya gemari.

 

Apa kiat Bapak dalam menjaga kesehatan?

Di tengah kondisi pandemi seperti ini, yang terpenting adalah patuh pada protokol kesehatan. Untuk menjaga imun tubuh, saya rutin mengonsumsi vitamin, makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat cukup, dan rutin berolahraga. Namun, semua itu akan sia- sia jika kita tidak berpikir positif.

Maka dari itu, bagi saya berpikir positif merupakan hal penting terutama dengan kondisi yang tidak menentu seperti saat ini. Tidak mudah memang, namun kita harus tetap yakin dan optimis bahwa bantuan Tuhan akan selalu bersama kita.

 

Apa peran keluarga dalam kesuksesan Bapak?

Saya yakin doa dan dukungan dari keluarga khususnya dari istri saya yang membawa saya sampai saat ini. Di sisi lain, keluarga juga menjadi salah satu tempat untuk saya bertukar pikiran termasuk dalam hal berbisnis.

 

Bagaimana cara bapak mempersiapkan generasi selanjutnya untuk meneruskan perusahaan ini?

Saat ini, kami sudah memiliki rencana kaderisasi untuk generasi muda, khususnya bagi mereka yang berusia 20- an atau 30-an.

Hal ini sesuai dengan salah satu poin budaya perusahaan kami, yaitu Empowerment. Kami ingin memberi kesempatan kepada mereka untuk berkarya dengan dukungan dan mentorship dari para seniornya.

 

Bagaimana caranya?

Salah satunya dengan memberikan kepercayaan kepada mereka untuk meng-handle proyek-proyek. Hal ini penting dilakukan untuk membangun kepercayaan dan pengalaman secara langsung di lapangan. Tidak dapat dipungkiri, dengan usia yang muda mereka dapat memberikan ide-ide segar bagi perusahaan. Namun, bagi EIGER yang sudah 32 tahun, penting bagi kami untuk menanamkan nyawa dan value EIGER kepada seluruh generasi muda.