Model Teranyar Mercedes-Benz

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 May 2020

Mercedes-AMG GT 53 4MATIC kini hadir di Indonesia. Kehadiran model ini ditujukan untuk menjawab permintaan pelanggan. Tak hanya Coupe? sporti khas Mercedes-AMG, tapi dapat pula dijadikan kendaraan sehari-hari. Ketersediaan empat pintu dan daya tampung 4 orang, tentu kesenangan bisa dirasakan beramai-ramai.

 

Banyak pengamat yang menyebut AMG GT 53 ini memiliki desain paling cantik di antara mobil yang dijual saat ini. Berbeda dengan AMG GT, model 4 pintu ini tak menampilkan otot tang terlalu banyak. Eksteriornya khas dengan beragam fitur canggih tersemat. Sistem kontrol udara Airpanel di apron depan menyuguhkan tingkat aerodinamika fleksibel. Udara pun dapat mengalir dengan bebas akibat bentuk tubuh yang membulat hingga ke belakang.

 

Kombinasi desain sleek dan agresif pada eksteriornya sebagai versi empat pintu dari AMG GT ini akan dipertegas dengan penggunaan velg AMG 5-spoke 20 inci, dengan material light-alloy. Sementara, kaki-kaki akan ditopang oleh suspensi AMG Ride Control demi pengendalian yang dinamis.

 

Dari sisi wujudnya tampak stream line. Dimensi mencapai 5 meter lebih alias 5.054 mm dengan lebar 2.069 mm dan tiggi 1.455 mm. Penampilannya berpadu apik dengan pelek yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4 S. Ukuran ban 265/40 di depan dan 295/35 di belakang begitu melekat ke permukaan jalan. Seluruh penumpang disambut interior mewah dengan aksen lembut di berbagai area. Dasbor seolah menyatu dengan kedua pintu, memberikan efek seperti memeluk pengemudi dan penumpang depan. Ventilasi udara dibuat bergaya turbin, sehingga memberikan aura sporty.

 

Menariknya, konsol tengah dibuat berdesain V8. Di situ tertempel banyak tombol, termasuk tuas transmisi modern dan touchpad. Dua layar resolusi tinggi terpampang di dasbor dengan ukuran 12,3-inci. Panel instrumen bisa diatur dalam tiga pilihan display: Classic, Sport, dan Supersport. Mengubahnya lewat tombol kontrol sentuh di sebelah kiri setir.

 

Berbagai informasi bisa disajikan, misal speedometer klasik dan takometer, navigasi, sistem bantuan hingga data mesin terperinci. Tampilan supersport mempunyai informasi tambahan AMG, seperti prompt yang menonjol untuk mengganti gigi dalam mode transmisi manual.

 

Sementara, navigasi dapat diproyeksikan secara penuh di layar, sehingga pengemudi dapat membacanya dengan jelas, tanpa mengganggu fokus ke jalan. Untuk Performa? Jangan ditanya. Versi AMG nomenklatur 53, menggendong mesin 6-silinder segaris, 3.0-liter yang ditunjang turbocharger. Daya tertinggi yang disemburkan dari keenam silinder mencapai 441 PS dengan torsi maksimum 520 Nm. Terbayang bagaimana jambakan akselerasinya. Model ini masih didukung EQ Boost starter-alternator yang memberi output jangka pendek tambahan 22 PS dan torsi 250 Nm. Energi dorong disalurkan ke roda melalui sistem transmisi AMG Speedshift DCT (Dual Clutch Transmission) 9G yang responsif. Hasilnya kemampuan melesat dari nol ke 100 km/jam bisa ditempuh dalam 4,5 detik, dan kecepatan tertinggi 285 km/jam. Urusan keselamatan berkendara juga dipastikan Mercedes-Benz di mobil ini. Di dalamnya sudah terpasang Reversing camera, Blind Spot Assist, Active Parking Assist dengan Parktonic, dan Active Lane Keeping Assist sebagai fitur standar.