Obsession Awards 2020; Best CSR

Oleh: Syulianita (Editor) - 09 April 2020

Naskah: Gia Putri Foto: Istimewa

 

Keberadaan PT Pertamina (persero) sebagai perusahaan energi nasional sejalan dengan upayanya untuk terus maju bersama masyarakat Indonesia. Sejumlah program yang dilaksanakan bersama dengan masyarakat merupakan bukti nyata bagaimana Pertamina terus berdampingan dengan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Selama lebih dari 62 tahun, Pertamina telah melayani kebutuhan energi Indonesia. Mulai dari kebutuhan BBM untuk transportasi, LPG untuk kebutuhan memasak, hingga berbagai jenis energi lainnya sektor industri. Di sisi lain, Pertamina tidak hanya menjalankan bisnisnya semata, namun juga berpartisipasi langsung dalam pemberdayaan masyarakat terutama yang berlokasi di sekitar wilayah operasi perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Seperti diketahui, wilayah operasi Pertamina tersebar hampir di seluruh penjuru negeri. Pun demikian dengan program CSR-nya. Mulai dari wilayah perkotaan hingga pedalaman pedesaan nusantara. Program-program yang telah dilaksanakan pun menuai beragam apresiasi sepanjang 2019, seperti dalam Nusantara CSR Awards 2019 hingga penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas dan Hijau periode 2018- 2019 yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

Dominasi PROPER 2019

 

Dari total 200 lokasi yang mendapatkan PROPER Emas dan Hijau secara nasional pada 2019, Pertamina meraih 13 dari total 26 PROPER Emas dan 76 dari total 174 PROPER Hijau. Beragam program CSR unggulan yang mendukung peraihan PROPER tersebut antara lain:

 

 

Melalui penilaian PROPER, Pertamina dapat mengukur bagaimana kontribusi perusahaan terhadap lingkungan maupun dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. Dengan program- program yang sustain tersebut, kehadiran Pertamina akan dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar area operasi. Tidak semata-mata mengejar PROPER, tapi sesuai amanat pemerintah yang fokus utama adalah menjadi pengelola energi nasional dengan tidak mencemari lingkungan.

 

Selain berfokus pada lingkungan yang menyabet penghargaan PROPER, Pertamina juga menjalankan sejumlah program di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu contohnya adalah mendukung edukasi anak di beberapa lokasi pedalaman seperti Sebatik dan Tampur Paloh. Perhatian serupa juga diberikan kepada pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus
di Bandung dan anak-anak korban kekerasan di Makassar.

Sedangkan di bidang kesehatan, Pertamina turut andil dalam meningkatkan gizi anak seperti di Jawa Barat, Papua, dan juga Aceh. Sementara di bidang pemberdayaan masyarakat, banyak masyarakat di sekitar wilayah operasi yang kini sukses berusaha dengan mengoptimalkan potensi sekitarnya seperti peternakan ataupun usaha jamu.

 

Tidak hanya program yang terencana, Pertamina juga sigap membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam. Pertamina termasuk perusahaan yang paling awal dan maksimal dalam tanggap bencana. Kehadiran Pertamina inilah menjadikan BUMN energi ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.