Kiprah Terbaik BUMN

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 04 April 2016

Naskah: Giattri F.P., Foto: Istimewa

PT TASPEN (Persero) terus menunjukan kinerja yang mengkilap.Hal itu bisa dilihat dari kinerja sepanjang tahun 2015. Bahkan Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara berhasil meraih peringkat ke-1 kategori BUMN pada Ajang Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015.

 

Hal ini diraih berkat keberhasilan BUMN yang dipimpin Iqbal Latanro, sang direktur utama, dalam mengelola sejumlah program jaminan sosial bagi ASN seperti Program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Program Jaminan Kematian Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara.


Peserta yang dilayani berjumlah 6,8 juta orang yang terdiri dari 4,4 juta orang peserta aktif dan 2,4 juta orang pensiunan, memiliki 53 Kantor Cabang dan 13.300 titik layanan untuk melayani ASN dan Pejabat Negara di Indonesia.


Sejak PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) didirikan pada April 1963, negara telah memberikan tugas mulia ke pundak para pengurus TASPEN untuk memberikan ketenangan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN dalam menunaikan tugasnya sebagai abdi bangsa. Iqbal, sapaan akrab pemegang tampuk tertinggi di TASPEN sadar akan amanah tersebut melalui dedikasi dan loyalitasnya membangun Taspen agar tidak dipandang sebelah mata sebagai ‘barang antik’.


“Kami ingin agar PNS dan ASN yang pensiun tidak perlu merasa stres. Kemudian dia tidak perlu merasa ragu bagaimana nanti kalau pensiun,” ucap pria humoris ini.


Terlihat jelas kepedulian dan empati yang tertanam dalam diri mantan Dirut Bank BTN terhadap kaum pensiunan yang jumlahnya saat ini terus meningkat. Karena itulah, sejak 2013 memimpin perusahaan asuransi pensiun milik negara ini, ia selalu memompa semangat seluruh staf dan karyawan TASPEN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kaum pensiunan tersebut.