Tjahjo Kumolo Menteri di Episentrum Politik

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 20 January 2017

Meski berkutat dalam persoalan politik dan pemerintahan yang cenderung terkesan serius, tak berarti Tjahjo juga merupakan figur yang serius. Ada ruang dan sisi dimana dia juga bisa menjadi dirinya sendiri yang cuek dan familiar serta memiliki hobi yang jauh dari hobinya kebanyakan para pejabat. Berikut ini beberapa sisi menarik seorang Tjahjo yang dicatat oleh para wartawan peliput di Kementerian Dalam Negeri dan kemudian menuangkannya dalam buku berjudul “Kisah dari Merdeka Utara”.


Cueknya Pak Menteri
Salah satu hobi Tjahjo adalah makan. Menu makanan yang paling digemarinya adalah sop kambing dan nasi kebuli. Lantaran hobinya itu, jarang sekali ia mau menyantap hidangan yang sudah disediakan misalnya oleh pemerintah provinsi atau kabupaten, jika ia tengah berkunjung ke daerah.


Tjahjo selalu mencari sendiri rumah atau tempat makan di setiap kunjungannya. Dan menariknya, rumah atau tempat makan yang dicarinya tak selalu harus restoran besar. Ia bahkan sering makan di pinggir jalan. Yang penting, tempat makan itu memang terkenal di daerah tersebut.


Contohnya, usai melakukan Sidak ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam pada Februari 2015 lalu, Tjahjo ditemani Wakil Gubernur Kepulauan Riau, meluncur ke sebuah tempat. Bukan ke sebuah restoran kelas wahid di kota itu. Ia malah masuk ke sebuah ruko kecil, hanya ada beberapa baris meja, dan kipas angin. Menunya, kebanyakan ikan, dan ayam goreng. Praktis, beberapa orang tak kebagian tempat makan. Tjahjo cuek saja menyantap makanannya. Padahal udara cukup pengap dan lumayan panas. Apalagi dalam ruangan. Ia harus menyeka wajahnya yang berkeringat dengan tisu.
Kisah lain, saat Tjahjo berkunjung ke Surabaya, ia tiba-tiba berhenti di sebuah warung bakso sederhana di pinggir jalan. Ia cuek menyantap baso desak-desakan dengan pembeli lain.


Belum Pernah Main Golf
Golf, adalah olahraga kaum berduit atau orang terkenal. Biasanya yang gemar main golf itu adalah pengusaha atau pejabat. Tapi ternyata ada pejabat negara yang seumur hidupnya tak pernah main golf. Salah satunya, Tjahjo. Hal itu diakuinya saat mengundang para wartawan makan di sebuah rumah makan di Jatinangor, Sumedang di sela kunjungan kerja di IPDN.


Ia banyak bercerita. Salah satunya tentang kisah tak pernah main golf seumur hidup. Katanya, pernah suatu ketika, awal-awal jadi menteri dapat undangan untuk membuka turnamen golf. Sontak ia kaget. Sebab seumur hidupnya ia belum pernah mengayunkan stick golf. Bahkan ia buta sama sekali tentang olahraga mahal itu. Istilahnya pun tak tahu. Undangan itu pun ditolaknya.