CFO TANGGUH

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 September 2013

Naskah: Reza Indrayana/Sahrudi Foto: Sutanto

 

Keberadaannya cukup diperhitungkan di jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Melaluinya konstribusi bidang keuangan mampu mendongkrak perusahaan berkembang. Perusahaan jasa transportasi rakyat milik negara ini tumbuh secara sinambung dan berarti hingga kini sejak bergabung lima tahun silam.

 

Dialah Kurniadi Atmosasmito, seorang professional yang selama karir sebelumnya didedikasikan di perusahaan pertambangan nasional. Kurniadi besedia bekerja di kereta api bukan hanya karena diberi kesempatan oleh Ignasius Jonan yang saat itu jadi Direktur Utama PT KAI, tapi lebih karena menganggap di KAI penuh tantangan dan berharap bisa membuatnya menjadi lebih baik.


Akrab dan bersahaja, begitulah Kurniadi saat mempersilakan Men’s Obsession mewawancarai di ruang kerjanya yang tertata apik. Meski terlihat sedikit gurat kelelahan di wajahnya, toh wawancara berjalan santai dan cair. Banyak hal ia kemukakan sejak perjalanan karirnya di KAI.


 Jabatan Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek  atau PT KCJ, adalah jabatan pertamanya saat hijrah dari kantor lamanya di era 2008. Di  anak usaha PT KAI itu, ia jalani dalam tempo setahun. Namun, ia telah meletakkan dasar-dasar perubahan penting di dalamnya. Sampai kemudian ia dipercaya menjadi Executive Vice President (EVP) Corporate Finance KAI (2009-2011) hingga dipromosi menjadi Direktur Keuangan PT KAI, sejak 2011 hingga kini.