BUMN Do The Best

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 14 April 2014

Naskah: A. Reza Indrayana, Foto: Istimewa

Sebagai perusahaan terkemuka di industri jalan tol, PT Jasa Marga (Persero), Tbk. atau Jasa Marga dikenal kaya akan inovasi. Tak hanya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, namun juga dari segi bisnis. Di usianya yang mencapai 37 tahun, Jasa Marga bertekad untuk bisa berkiprah secara lebih baik. Sekaligus dapat menopang rencana pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol yang dicanangkan pemerintah.

Menanggapi tantangan Presiden RI, Joko Widodo yang menargetkan seluruh jalan tol di pulau Jawa akan tersambung berbarengan dengan pembangunan tol ruas Trans Sumatera, Jasa Marga menyatakan siap berkiprah di dalamnya.
Ketika meresmikan pengoperasian jalan tol ruas Pandaan-Gempol di Pasuruan, Jumat, 12 Juni 2015 lalu, Presiden Jokowi menargetkan pembangunan tersebut pada 2018 mendatang. “Jalan tol ini akan melayani tidak hanya pergerakan manusia, tapi juga pergerakan barang jasa. Juga bertujuan menggerakan produktivitas rakyat, yang bermuara pada percepatan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Jokowi.


Jokowi menambahkan, rencana pemerintah dalam menyusun strategi pembangunan harus didukung oleh semua pihak. Jasa Marga dalam hal ini menyokong pembangunan dengan perbaikan jalur transportasi darat khususnya pembangunan jalan tol. Perbaikan infrastruktur jalan ini akan menyokong pembangunan tol laut yang masuk dalam rencana pemerintah untuk penguatan poros maritim.


Tak hanya itu, keberadaan infrastruktur jalan utamanya jalan tol juga akan membuka akses terhadap daerah-daerah yang selama ini terisolir. Sehingga masyarakat di daerah tersebut bisa memperoleh akses pelayanan pendidikan dan kesehatan dengan baik pula.


Filosofi lainnya adalah menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan ini salah satunya bisa diwujudkan dengan pembangunan jalan tol. Sehingga tercipta koneksi antar satu daerah dan daerah lain. “Dengan filosofi ‘Semangat Menyatukan Negeri’, Jasa Marga yakin Indonesia bisa besar dengan  membangun infrastruktur yang memadai,” ujar Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman.