Di sini para Pemimpin Berlibur

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 13 May 2015

margin-right:10px;margin-bottom;5pxNaskah: Sahrudi/dari berbagai sumber, Foto: Istimewa
Mengisi waktu luang untuk sekadar beristirahat dan relaksasi sangat penting untuk kesehatan. Itu adalah bagian penting yang perlu dilakukan. Demikian pernah dikemukakan dr Natasha Withers dari One Medical Group di New York seperti dikutip ABC News belum lama ini. Dan, para pemimpin dunia, tampaknya sangat memahami hal itu. Tak heran kalau di tengah keseharian mereka mengurus Negara, ada saatnya mereka menyisihkan waktu untuk refreshing. Pilihan lokasi dan bagaimana mengisi waktu luang selama berlibur, tentu berbeda-beda. Setidaknya, inilah sebagian dari destinasi wisata para pemimpin dunia serta aktivitasnya:



Botswana

Kalau saja foto Raja Spanyol, Juan Carlos yang berpose memegang senjata di depan gajah yang sudah mati tak terpublikasikan, mungkin tak banyak yang tahu jika pria ini memiliki hobi berburu. Mungkin juga ia tak harus dikecam rakyatnya dan diturunkan dari jabatannya sebagai Presiden Kehormatan World Wide Fund (WWF). Tapi itu sudah berlalu. Faktanya, Juan adalah pemburu hewan liar yang kerap menghabiskan waktu kosongnya untuk menembak binatang-binatang di tempat-tempat berburu yang sangat prestise. Salah satu tempat berburu favorit Raja berusia 74 tahun itu adalah Botswana, negara di Afrika bagian selatan.

Di negara yang dulu bernama Bechuanaland, ini memang tidak memiliki pesisir di laut, maupun danau. Tapi, di sana ada Delta Okavango, yang merupakan salah satu destinasi safari terbaik yang ada. Okavango sendiri dikenal dengan delta sungai terbesar di dunia dan kehidupan alam liar yang masih terjaga dengan airnya yang jernih.

Botswana juga memiliki Taman Nasional Choebe dimana Anda masih bisa menyaksikan kehidupan sejati dari jerapah, singa, harimau,dan beraneka burung di dalam habitat asli mereka. Tak salah jika Botswana membuat seorang raja kepincut. Karena disanalah surganya buat mereka yang hobi berburu meski kini memiliki aturan yang ketat.