65 Tahun Bank BTN, Menjadi motor program sejuta rumah

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 17 February 2015
Pemerintah telah mencanangkan program sejuta rumah untuk rakyat kelas menengah ke bawah. Untuk mewujudkan program tersebut, pemerintah mengharapkan Bank BTN menjadi pemeran utama dalam merealisasikan program tersebut sekaligus menjawab kebutuhan rumah bagi rakyat kecil di Indonesia. Bagaimana kesiapan Bank BTN sendiri? Berikut petikan pernyataan dari Direktur Utama Bank BTN, Maryono dalam berbagai kesempatan :

Seperti kita ketahui, pemerintahan Jokowi-JK ingin melakukan percepatan penyelesaian backlog perumahan nasional melalui program sejuta rumah untuk rakyat dan Bank BTN akan diberikan peran sentral dalam pelaksanaan  program perumahan nasional yang diperuntukkan bagi rakyat di Indonesia, bagaimana kesiapan Bank BTN sendiri ?
Kami siap untuk menjadi motor dalam menggerakkan program rumah bagi masyarakat. Ini adalah program pemerintah dan menjadi tugas mulia bagi kami untuk merealisasikannya.

Apa yang menjadi dasar pemerintah memercayai Bank BTN sebagai motor dalam merealisasikan program sejuta rumah ini ?
Ada dua peran utama Bank BTN mengapa diharapkan dapat menjadi motor dalam merealisasikan program sejuta rumah ini. Pertama Bank BTN sebagai lembaga pembiayaan yang menyediakan lending products kepada seluruh pihak terkait pembangunan perumahan, baik dari sisi supply maupun demand. Kedua Bank BTN sebagai inisiator dan integrator kerjasama antar institusi dalam meningkatkan supply rumah.

Bapak Wakil Presiden juga meminta agar  Bank BTN  menjadi pemeran  utama dalam pelaksanaan program penyediaan perumahan nasional,  seperti program perumahan bagi buruh di dekat kawasan industri ?
Ya, konsepnya  sudah dilakukan pembicaraan bersama tim wapres.  Jadi  pemerintah akan lebih fokus bagaimana membiayai rumah-rumah khususnya bagi masyarakat  berpenghasilan rendah ini lebih besar lagi.

Hal yang sering kita dengar, persoalan pengadaan perumahan rakyat ini memang sangat kompleks, benarkah ?

Sebagai pemain utama dalam pembiayaan perumahan nasional, Bank BTN telah memberikan masukan dalam mengatasi problematika perumahan nasional. Masalahnya memang cukup kompleks dan perlu campur tangan pemerintah untuk mengatasinya. Permasalahan utama menyangkut masalah supply seperti lahan dan infrastruktur, pasokan bahan bangunan dan peraturan menyangkut pembangunan perumahan itu sendiri. Kemudian menyangkut masalah kepemilikan rumah seperti penghasilan masyarakat yang terbatas, kesiapan dukungan dana dari perbankan yang umumnya didukung oleh dana jangka pendek. Penyediaan dana jangka panjang oleh pasar modal sampai dengan saat ini di Indonesia belum tersedia.

Artinya diperlukan intervensi dari pemerintah ?
Ya, diperlukan intervensi pemerintah untuk meningkatkan kapasitas supply perumahan, khususnya perumahan murah. Di samping itu intervensi pemerintah juga diperlukan untuk memastikan ketersediaan pembiayaan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Jadi tetap untuk mengatasi problematika perumahan nasional kuncinya ada pada political will pemerintah.

Bapak pernah menyatakan bahwa sebenarnya ada banyak opsi yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah ini?
Ya, misalkan pemerintah memberikan PMN dalam rangka program sejuta rumah untuk rakyat kepada Bank BTN. Atau juga dapat dilakukan dengan cara penempatan dana seperti BPJS, Taspen, Bapertarum PNS, LPDP, dan sejenisnya untuk mendukung program pemerintah untuk rumah rakyat. Bisa juga dengan mekanisme pinjaman off shore dari World Bank, JICA, ADB, dan sejenisnya untuk mendukung tersedianya dana murah dari luar negeri.

Apakah idealnya Bank BTN diberikan kewenangan untuk mengelola bagaimana program rumah rakyat dapat berjalan dengan dukungan penuh dari pemerintah?

Idealnya begitu, tapi tentu saja tetap di bawah koordinasi Kementrian PU dan Perumahan Rakyat. Ketersediaan perumahan merupakan salah satu elemen kesejahteraan masyarakat sesuai amanah UUD 1945 dan program pemerintah Nawacita (9 agenda perubahan untuk Indonesia). Selama ini kami telah memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dalam penyediaan rumah nasional. Dan kami akan tetap memberikan komitmen untuk itu. Sebagai bank fokus perumahan ada 4 kompetensi yang dimiliki oleh Bank BTN dan tidak dimiliki oleh bank lainnya. Kami berpengalaman menangani KPR massal yang didukung oleh network pengembang di seluruh Indonesia dengan brand awareness yang tinggi di mata masyarakat Indonesia dan didukung oleh jaringan yang sangat luas. Bank BTN akan tetap fokus pada bisnis pembiayaan perumahan.