Flores dan Bali Masuk Daftar Lonely Planet Best in Travel 2015

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 03 January 2015
Penilaian pada salah satu kategori utama ini didasarkan pada atraksi wisata dan obyek menarik yang berada pada satu kawasan, baik itu lansekap indah, kultur dan tradisi lokal yang unik, obyek menarik yang tidak ditemukan di kawasan laion, hingga sejarah kawasan tersebut.

1.    Semenanjung Gallipoli, Turki
Berlokasi tak jauh dari kota kuno Troya di  Barat Daya Selat Dardanella, semenanjung  indah ini memiliki pantai-pantai berpasir putih. Semenanjung ini memiliki akar sejarah panjang dalam Perang Dunia I.

Menjadi lokasi pendaratan tentara sekutu pada 1915. Tahun 2015, ribuan tentara Australia dan Selandia Baru akan memperingati peristiwa pendaratan pasukan sekutu di sana.



2.    Taman Nasional Rocky Mountain, AS
Puncak-puncak bersalju dan danau-danau di dataran tinggi menjadi ikon kawasan ini. Inilah surga para wisatawan petualang, di mana mereka dapat menemukan sungai-sungai berlimpah iklan trout hingga jalur pendakian sejauh 335 mil.

Tahun 2015, Taman Nasional Rocky Mountain merayakan ulang tahun ke-100. Beragam acara akan digelar di sana, mulai dari ajang komunitas, pameran seni, konser musik alam, hingga parade mobil klasik Ford Model Ts.

3.    The Toledo District, Belize
Toledo adalah kawasan di negara Amerika Tengah, Belize, yang dianggap sebagai “province of adventure travellers”. 

Maklum, kawasan yang menawarkan pulau-pulau cantik, hutan lindung, hingga situs reruntuhan Suku Maya, ini berada di ujung jalur lintas Amerika Tengah sehingga sulit ditempuh oleh pelancong biasa.

Namun tahun 2015,  ketika pembangunan jalur Pan-American Highway rampung, dan menyambungkan Toledo dengan Guatemala, maka kawasan ini menjadi lebih mudah diakses.


4.    Tasmania, Australia
Kawasan negara Pulau di benua Australia ini dikenal liar dan dramatis, terisolasi tapi tetap bisa diakses. Sejak lama Tasmania disukai para pelancong petualang.

Tahun 2015, ketika tahap kedua dari Three Capes Track dibuka untuk umum, maka kawasan ini menjadi kian menarik. Jalur bushwalking tahap kedua sejauh 35 km akan menyambungkan Denmans Cove, Port Arthur, dan Cape Hauy, melalui tebing-tebing pantai Tasman National Park.



5.    Kutub Utara, Norwegia
Kawasan kutub utara yang berada di wilayah negara Norwegia menjadi salah satu destinasi idaman, khususnya untuk menyaksikan keindahan dan keajaiban alam Aurora borealis.

Pada 20 Maret 2015 ada peristiwa langka, yaitu hilangnya Aurora selama beberapa menit ketika bulan menghalangi cahaya matahari. Tempat paling tepat untuk menyaksikannya adalah Svalbard, antara Kutub Utara dan Norwegia.




6.    Khumbu, Nepal
Pegunungan Himalaya di wilayah Nepal menjadi lokasi impian bagi para turis petualang, khususnya para pendaki. Everest, gunung tertinggi di dunia ada wilayah negeri ini.

Tahun 2015, menjadi istimnewa untuk mengunjungi Nepal karena bersamaan dengan peringatan 50 tahun dibukanya pendakian komersial ke Everest dari jalur Nepal oleh Major Jimmy Roberts.





7.    Copper Canyon, Meksiko
Wisatawan umumnya mengunjungi ngarai indah ini melalui jalur kereta Ferrocarril Chihuahua Pacifíco.

Pada 2015, sudah tersedia alternatif jalur yang lebih mudah dan cepat untuk mengakses Copper Canyon. Termasuk jalur off-road melintasa permukiman suku asli Tarahumara, bersepeda menuruni bukit menuju kota tropis di lembah, Batopilasa.





8.    Flores, Indonesia
Flores sudah lama kondang di mata dunia. Terutama berkat paduan ekosotik dari Komodo, pantai-pantai elok, hutan tropis, gunung berapi, dan kultur lokal.

Dengan rampungnya pembangunan bandara baru dan perbaikan infrastruktur jalan pada 2015, serta Labuan Bajo yang sudah menjadi kota pelabihan wisata, Flores sangat direkomendasikan sebagai salah satu destinasi kawasan wisata terbaik tahun depan.

9.    Gurun Pasir Atacama, Chile
Gurun pasir indah ini pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood The 33 beberapa tahun silam. Di kawasan ini pemerintah Chile baru saja menggagas sebuah proyek pengamatan bintang yang melibatkan lembaga-lembaga riset astronomi dunia.

Inilah tempat di mana Anda bisa menyaksikan bintang gemintang dengan sangat jelas. Banyak atraksi outdoor bisa dilakukan di sini, mulai dari sandboarding, berkuda, bersepeda, hingga hiking dan mendaki gunung es.


10.    Macau, China
Bekas jajahan Portugis ini adalah kawasan yang memadukan secara apik antara glamoritas dunia baru dan melankolisme sajarah masa lalu. Kuliner, misalnya, bisa memadukan citarasa Eropa, Afrika, India, dan China.

Macau adalah Las Vegas-nya dunia Timur. Di sini juga para penyuka outdoor bisa menjajal bungee jump tertinggi di dunia. Tahun depan, saat sistem jaringan kereta api rampung, di tambah sejumlah kasino baru yang sudah beroperasi, maka kunjungan ke Macau menjadi lebih menarik.