Internet of Things di Lantai CES 2015

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 06 January 2015
Ajang CES 2015 juga menandai sebuah era baru dalam menikmati tayangan televisi.

Berbasis pada konsep Internet of Things (IoT) perkembangan Smart TV atau TV internet kini melangkah jauh dengan teknologi yang memungkinkan Anda menonton tayangan TV kabel tanpa harus berlangganan layanan.

Adalah perusahaan bernama Dish yang memperkenalkan apa yang mereka sebut dengan Sling TV. Cukup memiliki perangkat Smart TV, dan berlangganan layanan Sling TV dari Dish sebesar USD20 per bulan, Anda memiliki akses untuk menonton siaran TV kabel, termasuk dari jaringan TNT, TBS, CNN, Food Network, HGTV, Cartoon Network, Adult Swim, Disney Channel, ESPN, dan ESPN2.

Semua siaran itu bisa dinikmati tanpa berlangganan dengan penyedia TV Kabel, atau tanpa ada parabola dan kabel. Cukup dengan jaringan internet di rumah, dan sebuah perangkat Smart TV. Karena berbasis internet, maka semua tayangan itu juga bisa dinikmati di mana saja melalui perangkat PC, desktop, laptop, tablet, phablet, dan smartphone.

CES 2015 juga dimanfaatkan oleh sejumlah raksasa elektronik seperti Sony dan LG untuk meluncurkan produk-produk Smart TV terkini mereka. Smart TV Sony yang berbasis Google Android, misalnya, meluncurkan 10 model terbaru TV beresolusi 4K yang semuanya memuat fitur Smart TV. Karena buatan Sony, maka pemilik pun memiliki akses untuk menikmati siaran TV kabel dari Sony Entertainment Network, serta layanan PlayStation Now.

Sementara itu, LG yang menggunakan platform WebOS untuk produk-produk Smart TV mereka, melangkah lebih jauh dengan menyinergikan Smart TV, Smart Home, perangkat kesehatan, bahkan smartcars. Semua menjadi mungkin bertkat pengembangan platform WebOS 2.0.