Bali (masih) Lebih Populer dari Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 10 December 2013
Ajang penghargaan bergengsi ini mencapai puncaknya pada 30 November 2013, saat berlangsung malam Grand Final yang berlangsung di Doha, Qatar. WTA disebut-sebut sebagai ajang Oscar-nya industri pariwisata dunia, dan diakui sebagai ajang pencapaian tertinggi produk pariwisata dunia.

WTA tahun ini merupakan ajang yang ke-20 kalinya sejak digelar pertama kali pada 1993. Pemeringkatan dilakukan secara berjenjang di mana terlebih dulu ditetapkan pemenang setiap negara, kemudian berlanjut mencari pemenang di lima kawasan (Timur Tengah, Afrika dan Samudra India, Benua Amerika, Asia dan Australasia, serta Eropa). 

Para pemenang di masing-masing kawasan kemudian dikontestasikan di grand final, serta dilakukan voting untuk menetapkan peraih World Awards. Voting dilakukan oleh para eksekutif dalam industri pariwisata dunia kalangan travel buyer.

Untuk kawasan Asia dan Australasia, Bali lagi-lagi masuk dalam sejumlah kategori. Pada kategori Asia’s Leading Destination 2013, Indonesia masuk dalam daftar 10 negara nominator bersama India, China, Korea, Macau, Malaysia, Singapura, Sri Lanka,Thailand, dan Vietnam. Sayangnya, bukan nama “Indonesia” yang digunakan, melainkan “Bali.” Pada ketegori ini, India yang jadi pemenang.

Kategori Asia’s Leading Beach Destination 2013, di mana pantai Nusa Dua di Bali, dan Gili Trawangan di Lombok, berada di antara enam nominator. Pantai Boracay di Filipina menjadi juara di kategori ini.

Kategori Asia's Leading Tourist Attraction 2013, Candi Borobudur menjadi salah satu dari 12 nominator, namun yang terpilih sebagai atraksi turis terbaik tahun 2013 adalah Tembok Cina.    

Pada kategori Asia's Leading Beach Resort 2013, sejumlah resor pantai di Indonesia mendominasi daftar 14 nominator. Yakni, Alila Villas Soori, Karma Kandara Resorts, Mulia Resort & Villas, The Oberoi Bali, The St. Regis Bali Resort (kelimanya di Bali), serta Hotel Vila Ombak dan The Oberoi Lombok (Keduanya di Lombok).  Sayangnya, pemenangnya bukan resor pantai di Indonesia melainkan Dusit Thani Laguna Phuket di Thailand.





















Pada kategori Asia's Leading City Hotel 2013, Hotel Mulia Senayan, Jakarta, ada dalam daftar 11 nominator, dan Grand Park City Hall di Singapura terpilih sebagai pemenang. Dua hotel di Indonesia lainnya masuk nominasi di kategori lain, yakni  The Sultan Hotel Jakarta (Asia's Leading Green Hotel 2013), dan Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (Asia's Leading Hotel Residences 2013).

Selebihnya adalah sejumlah hotel dan resor beragam kelas di Bali yang hanya berhasil masuk dalam nominasi. Antara lain, Alila Villas Uluwatu (Asia's Leading Experiential Holiday Resort 2013), Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay dan The Samaya Seminyak (Asia's Leading Honeymoon Resort 2013), Mulia Resort & Villas  Nusa Dua (Asia's Leading Luxury All Suite Hotel 2013), Amanusa Bali, dan Pan Pacific Nirwana Bali Resort (Asia's Leading Luxury Golf Resort 2013).

Berikutnya,The Bulgari Resort Bali (Asia's Leading Luxury Resort 2013), Sheraton Bali Kuta Resort, dan Mulia Resort & Villas - Nusa Dua (Asia's Leading New Resort 2013), Bulgari Resort Bali (Asia's Leading Resort 2013), Karma Kandara Resorts (Asia's Leading Spa Resort 2013), Amandari Resort & Spa Bali, Four Seasons Resort Bali at Sayan, dan Mulia Resort & Villas Nusa Dua (Asia's Leading Villa Resort 2013), AYANA Resort and Spa Bali (Asia's Leading Villas 2013), serta Conrad Bali dan Karma Kandara Resorts (Asia's Leading Family Resort 2013).    

Dari sebanyak 69 kategori untuk kawasan Asia, Bali (dan Indonesia), hanya unggul dan menjadi terbaik di satu kategori, yakni Asia's Leading Family Resort 2013 yang dimenangi oleh Conrad Bali.  Resor mewah di kawasan Kuta, Badung, Bali, ini, berhasil mengungguli sejumlah resor mewah di Malaysia dan Thailand yang mendominasi daftar nominasi.

Untuk grand final, sejumlah elemen/produk wisata di Indonesia, yang umumnya di Bali,