Mitos dan Fakta Seputar Supermom

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 06 December 2013
Supermom sejati yang mampu melakukan segalanya sendirian, sesungguhnya memang ada. Beberapa di antara mereka pernah ditampilkan di program televisi swasta nasional beberapa waktu silam.

Mereka ditinggal mati oleh suami saat usia masih sangat muda. Hanya sedikit harta dan simpanan yang bisa dijadikan peninggalan suami-suami mereka. Malah, mereka diwarisi anak-anak yang masih belum dewasa dalam jumlah yang tidak sedikit.
 
Para single parent ini bukan wanita karier, melainkan ibu rumah tangga biasa yang pada awalnya sama sekali tidak tahu cara mencari nafkah. Namun keadaan memaksa mereka belajar demi anak-anak.

Ibu super yang pertama bernama Mulia Kuruseng asal Pare Pare, Sulawesi Selatan. Menikah di usia 14 tahun dan ditinggal mati suami pada 1985 ketika berusia 42 tahun dengan 15 orang anak.

Ia meneruskan usaha suami berdagang sarung, mendidik anak-anaknya dengan ikhlas, jujur, dan sabar, hingga berhasil mengantarkan mereka menggapai gelar sarjana.

Bukan sarjana biasa, melainkan tiga dokter, tujuh insinyur, dan seorang lagi sukses dalam bisnis. Sebagian dari mereka bahkan meraih master dan profesor dari perguruan tinggi ternama di Tanah Air.

Ada pula Ibu Nisma asal Medan, ibu rumah tangga dengan anak 7 yang harus menjanda di usia 38 tahun ketika ditinggal mati sang suami yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada 1978. Sang suami yang hanya pekerja biasa di perkebunan karet, hanya mewariskan pesangon senilai ...