Berlibur di Pulau Pribadi

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 19 October 2013
Sesungguhnya, memiliki pulau di Indonesia tidak mudah, terutama bagi warga asing. Di beberapa negara lain pun ada pembatasan ketat bagi warga asing yang ingin memiliki properti pulau.

Pulau-pulau di lepas pantai China, misalnya, tidak boleh dimiliki secara pribadi, melainkan disewakan dalam jangka waktu maksimal 50 tahun. Begitu pula di Inggris, Brazil, dan Chili.




Tapi itu tidak memupus keinginan orang-orang kaya untuk menghabiskan beberapa hari secara pribadi di sebuah pulau, baik disewa secara keseluruhan maupun sekadar menyewa bungalow. 

Sejumlah pulau yang bisa disewa di Indonesia, antara lain, Pulau  Gambar di sekitar Laut Jawa, Pulau Pangkil Kecil yang tak jauh dari Singapura, Pulau Macan dan Pulau Isle Des Indes di gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Nikoi di dekat Bintan, Pulau Bidadari, Kanawa, dan Sebayur di Labuan Bajo.

Selain itu, ada Pulau Joyo di Kepri, Misool dan Pef Island di kawasan Raja Ampat, Aloita Resort di Kepulauan Mentawai, Nirvana Laut Private Island Resort di kawasan Pulau Karimun Jawa,  resor Amanwana di Pulau Moyo, hingga Sikuai Private Island Resort di perairan Sumatera Barat.

Pulau Gambar yang tergolong masih masih perawan  berada di Laut Jawa, sebelah barat daya Pulau Kalimantan. Di pulau kecil seluas dua hektar ini sudah terdapat bangunan-bangunan untuk mendukung fasilitas di pulau tersebut. Selain untuk disewa, pulau ini ditawarkan untuk dijual seharga USD 725 ribu.

Di dekat garis khatulistiwa, berjarak sekitar 95 km dari Singapura,  terdapat Pulau Pangkil Kecil, sebuah pulau eksotis dengan fasilitas mewah, yang hanya bisa disewa secara penuh. Baik untuk kegiatan team-building perusahaan maupun untuk berbulan madu berdua pasangan. Masih di perairan Riau, ada Pulau Joyo yang juga dimiliki oleh warga Singapura. Pulau elok ini nan eksclusif ini disewakan mulai harga USD3,233 per malam.

Lalu ada Pulau Macan dan Pulau Isle Des Indes di kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, dengan habitat bawah laut yang masih indah. Pulau Macan yang berjarak 2 jam perjalanan dari Pantai Marina Ancol, menyediakan tiga bungalow di setiap ujung pulau dengan biaya sewa USD 500 per malam. Seluruh pulau juga bisa disewa dengan harga USD3,000 sampai 10,000 per malam.

Sementara pulau kecil Isle Des Indes seluas1 hektar hanya dapat menampung 8 orang untuk 4 rumah yang tersebar di pulau. Untuk paket 8 orang, ditawarkan harga ...