Berlibur di Pulau Pribadi

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 19 October 2013
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Istimewa/Dok.MO

Memiliki pesawat jet pribadi sudah biasa. Memiliki pulau pribadi sebagai salah satu atribut kesejahteraan hidup, itu baru istimewa. Tren ini terus berlanjut dan menjangkiti orang-orang terkaya dan selebriti dunia, termasuk di Indonesia.

Wagub DKI Jakarta, Ahok, kabarnya juga punya empat pulau pribadi. Anda pun bisa memiliki pulau pribadi, setidaknya menyewa sebuah pulau selama beberapa hari untuk berlibur bersama keluarga.

    
Bagi kaum the have yang sudah mencapai puncak kesejahteraan, aksesoris kemewahan hidup bukan lagi pesawat jet pribadi atau benda-benda pribadi berhias berlian. Melainkan memiliki pulau pribadi di berbagai tempat di muka bumi. Kapan saja, mereka bisa melarikan diri dari rutinitas keseharian dan menghabiskan waktu di pulau milik sendiri, tanpa siapapun mengganggu.

Tren berburu dan membeli pulau pribadi di kalangan kaum jetset dunia terus meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, ini terlihat dari ramainya aktivitas penjualan pulau pribadi di situs broker pulau terbesar di dunia, Vladi Island Resort.

Di situs mereka, ratusan pulau di berbagai belahan dunia ditawarkan dengan beragam harga dan luas. Salah satu pulau termurah yang ditawarkan adalah sebuah pulau kosong bernama Whispering Trees Island, seluas hampir 15 ribu meter persegi.

Pulau sepanjang 5 km yang terletak di Nova Scotia, ini, ditawarkan seharga USD 63,098 atau sekitar Rp726 juta. Tapi ini bukan pulau di tengah laut melainkan di sebuah danau. Tepatnya berada di Wentworth Lake, Digby County, Nova Scotia, sebelah Timur Kanada.

Pulau-pulau di laut umumnya lebih mahal. Salah satu yang termurah adalah David Island seluas lebih kurang 20 ribu m2, yang dibanderol  USD74,747 atau sekitar Rp830 juta. Pulau ini berada di wilayah Guysborough County, Nova Scotia, tepatnya di Teluk Port Felix, sekitar 30 km dari kota Canso.

Sebaliknya, salah satu pulau termahal yang ditawarkan di situ terkemuka itu adalah Isla de Altamura di Laut Cortez, Meksiko. Pulau seluas 25 ribu m2 ini ditawarkan dengan harga USD 25,000,000 atau Rp287.749.910.797 untuk kurs dolar AS terhadap Rupiah sebesar Rp11.510.
     
Isla de Altamura merupakan salah satu pulau pribadi terluas di dunia. Luasnya hampir dua kali luas Manhattan. Berlokasi 70 km dari Culiacan, ibukota negara bagian Sinaloa, Meksiko, dapat dicapai dalam waktu satu jam dari perbatasan AS-Meksiko.

Pulau-pulau termahal umumnya berlokasi di Karibia, Amerika Tengah, hingga lautan Pasifik. Masih banyak yang lebih mahal dari Isla de Altamura namun harga persisnya tidak disebutkan dalam situs itu, dan ditandai dengan “price on request.”

Mereka yang diketahui rajin berbelanja pulau, antara lain, CEO Virgin Airlines Richard Branson,  pemilik Pulau Guana, salah satu pulau paling eksotis di kawasan British Virgin Islands. Sir Branson juga tercatat sebagai pemilik Necker Island dan Moskito Island (juga di British Virgin Islands), serta Makepeace Island di perairan Australia.

Sejumlah nama lain yang diketahui memiliki pulau pribadi, antara lain, Gianni Agnelli (Dino Island, Calabrian), keluarga Bacardi (Granada), David dan Frederick Barclay (Brecqhou, Channel Islands), Raymond Burr (Naitoumba, Fiji), keluarga Cinnamond family (S'Espalmador Island, Formentera, Spanyol), Edward de Bono (Green Island di Australia, Tessera di Italia, Reklusia di Bahama).

Ada pula keluarga Disney (Echo Island dan San Juan Islands di AS), keluarga Du Pont (Cherry Island, Chesapeake Bay, AS), Errol Flynn (Navy Island, Port Antonio, Jamaica),  Nick Hexum (Melody Key, Florida), Baron Rothschild (Bell Island, Bahama), Aristotle Onassis (Skorpios, Yunani),  Michael Ondaatje (beberapa pulau di Mahone Bay, Irlandia)/

Selain itu, ada keluarga Roca (Colom Island, Minorca, Spanyol) Laurance Rockefeller (Sandy Cay), Charles A. Lindbergh (Île Illiec), Dietrich Mateschitz (Laucala, Fiji), dan David H. Murdock (Lanai, Hawaii, AS).



Kalangan selebriti dunia hiburan dan olah raga pun ramai-ramai membeli pulau. Ada nama Ted Turner (St. Phillips Island, South Carolina, AS), Mel Gibson (Mago Island, Fiji), Pamela Anderson (Greece in The World, UEA),  Marlon Brando (Tetiaroa, French Polynesia), Nicolas Cage (Bahama), David Copperfield (Musha Cay, Bahama), Johnny Depp (Little Hall’s Pond Cay, Bahama), Leonardo DiCaprio (Blackadore Caye, Belize), Celine Dion (Île Gagnon, Quebec), Bear Grylls (St. Tudwal's Island West, Wales, UK).

Tak ketinggalan aktor gaek Gene Hackman (British Columbia, Canada), penyanyi country Faith Hill dan Tim McGraw (Bahama), legenda The Beatles John Lennon (Dorinish Island in Clew Bay, County Mayo, Irlandia), Ricky Martin (Angra dos Reis, Brasil), Eddie Murphy (Rooster Cay, Bahama), Diana Ross (Taino, French Polynesia), Robin Williams (Pender Harbour, British Columbia, Kanada), hingga bintang sepakbola Cristiano Ronaldo (Deserta Island, Ria Formosa, Portugal).
    
Bulan Maret 2013, Emir Qatar diberitakan membeli enam pulau indah di wilayah Yunani seharga USD11 juta (Rp126,6 milyar). Mogul Rusia, Roman Abramovich, dikabarkan membeli St. Petersburg's New Holland Island pada 2010 dan diperuntukkan untuk sebuah museum seni senilai ...