Mereka yang Terkaya di Dunia Politik 2013

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 30 April 2013
Daftar ini tidak memasukkan para kepala negara, presiden, perdana menteri, atau raja, meskipun mereka sesungguhnya juga berada di wilayah politik.

1. Michael Bloomberg (kekayaan: USD27 milyar)
Dia adalah Walikota New York sejak 2002. Peraih gelar MBA dari Harvard Business School, dan Bachelor of Arts/ Science dari Johns Hopkins University, ini, juga tercatat sebagai pendiri dan pemilik Bloomberg LP, perusahaan raksasa bidang informasi dan finansial.

Dengan nilai kekayaan bersih itu, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-13 dunia per Maret 2013, orang terkaya ke-7 di AS, dan orang terkuat ke-16 dunia. Tahun lalu, ia juga berada di urutan pertama dalam daftar politisi terkaya dunia versi Forbes, dengan kekayaan baru mencapai USD22 milyar.

Ia menguasai 88% saham Bloomberg LP, yang tahun lalu mencetak revenue USD7,9 milyar. Ia memiliki sedikitnya 10 rumah mewah yang tersebar di Manhattan, Westchester County, Bermuda, Vail, dan the Hamptons.


2.    Mikhail Prokhorov (kekayaan: USD13,2 milyar)
Ia adalah mantan calon presiden Rusia tahun 2012 dan menjadi rival berat Vladimir Putin. Peraih Bachelor of Arts/Science dari Moscow Institute of Finance, ini, sebelumnya dikenal sebagai
bankir, atlet, pebisnis media, pemilik klub basket NBA Brooklyn Nets, bahkan mendapat predikat playboy.

Ia mengejutkan publik di Rusia ketika terjun sebnagai politisi dan menjadi calon presiden pada 2012, meski hanya berhasil meraih 8% suara pemilih. Terakhir, ia mendirikan partai politik baru, Civic Platform, yang akan ia gunakan untuk maju kembali sebagai calon presiden. Akhir Februari lalu, ia menjual 37,8% sahamnya di Polyus Gold International Ltd., senilai USD3,6 milyar. Prokhorov tercatat sebagai orang terkaya ke-69 dunia, dan orang terkaya ke-10 di Rusia versi Forbes.

3.    Serge Dassault (kekayaan: USD13 milyar)
Senator  asal Perancis ini Serge juga menjabat Chairman dan CEO Groupe Dassault, yang menguasai saham di banyak perusahaan piranti lunak, media, dan produk aerospace. Dia mewarisi perusahaan itu dari ayahnya, Marcel Dassault, pendiri Dassault Aviation, perusahaan pembuat pesawat jet Mirage dan Rafale.

Grup perusahaan ini juga menguasai perusahaan media Le Figaro sejak 2004, dan sejak itu sangat ekspansif membeli perusahaan media lalu membentuk grup Le Groupe Figaro. Groupe Dassault juga menguasai perusahaan anggur Chateau Dassault, pemilik tiga rumah lelang terbesar di Perancis. Serge menjadi orang terkaya ke-4 di negerinya, dan ada di urutan ke-60 orang terkaya dunia versi Forbes.

4.    Zong Qingho (kekayaan: USD11,6 milyar)
Anggota Dewan Rakyat Nasional, China, ini, juga merupakan Chairman sekaligus CEO kerajaan bisnis Wahaha Group. Perusahaan ini gencar melakukan ekspansi, dan kini masuk ke bisnis departemen store dan sumber daya alam. Zong disebut-sebut sebagai business tycoon paling berpengaruh di negerinya.

Kini, ia tercatat sebagai orang terkaya nomor satu di China, dan terkaya ke-86 di dunia. Dari daftar orang terkaya dunia per Maret 2013 versi Forbes, Zong menjadi  pencetak laba terbesar dunia tahun lalu.

5.    Savitri Jindal (kekayaan: USD7,6 milyar)
Anggota legislatif  di Haryana Legislative Assembly, India, ini, adalah janda mendiang O,P Jindal, pengusaha kaya India. Tahun 2011, ia menjadi wanita terkaya di India. Tahun ini, selain menjadi politisi terkaya dunia di urutan ke-3, Forbes juga menempatkannya sebagai orang terkaya ke-7 di negerinya, dan orang terkaya urutan ke-155 dunia.

Kekayaannya diperkirakan hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Tahun lalu, Numeroten menempatkannya sebagai wanita terkaya ke-10 dunia dengan kekayaanUSD10,9 milyar. Ia adalah ibi dari sembilan putra/putri.


6.    Silvio Berlusconi (kekayaan: USD6,2 miyar)
Mantan perdana menteri Italia (2008-2011), ini, mundur dari jabatannya menyusul skandal seksual pada November 2011 lalu. Raja media dan perbankan berusia 76 tahun ini kini berstatus duda cerai lima anak. Desember lalu ia mengumumkan akan kembali maju sebagai calon PM.
Berlusconi mengawali kariernya sebagai penyanyi di kapal pesiar, namun kini memiliki holding company, Fininvest, yang menguasai saham Mediaset, perusahaan media terbesar di Italia, perusahaan jasa keuangan Mediolanum, perusahaan film Medusa, hingga klub raksasa sepakbola A.C. Milan. Ia tercatat sebagai orang terkaya ke-194 dunia, dan terkaya ke-7 di Italia versi Forbes.



7.    Suleiman Kerimov (kekayaan: USD7,1 milyar)
Pria Rusia paruh baya ini tercatat sebagai orang terkaya ke-20 di negerinya, Rusia, dan berada di urutan ke-162 terkaya dunia. Ia adalah CEO Polymetal International, sekaligus menjadi anggota Federation Council di Parlemen Rusia (Duma).

Suleiman tercatat sebagai pemilik klub sepakbola kaya di Rusia, Anzhi Mahachkala.  Selain mendapat kekayaan dari perusahaan logam Polymetal International, ia juga memiliki saham di Polyus Gold, perusahaan tambang emas terbesar di Rusia, perusahaan real estate PIK, dan perusahaan telekomunikasi Rostelecom. Tahun 2010, ia juga menguasai Uralkali, produsen potasium terbesar Russia.

 

8.    Andrei Guriev (kekayaan: USD4 milyar)

Raja bisnis pupuk ini adalah seorang senator dari Murmansk Oblast, Rusia. Ia adalah mantan pemimpin komunis Moskow, namun menjelma menjadi seorang kapitalis pada era 1990-an. Andrei tercatat sebagai orang terkaya dunia urutan k329 versi Forbes, sekaligus menjadi orang terkaya di Rusia urutan ke-28.  



9.    Henry Ross Perot Sr. (kekayaan: USD3,5 milyar)
Pengusaha satu ini tercatat sudah dua kali menjadi calon presiden AS (1992, 1996). Pada kampanye presiden AS tahun 1992, ia menggelontorkan dana sebesar USD60 juta, namun hanya sukses meraih 19% suara. Ia mendirikan Reform Party pada 1995 lalu melaju kembali sebagai calon pada 1996, dengan perolehan suara hanya 8%.

Sumber kekayaannya berasal dari jasa komputer dan real estate. Namanya tercatat sebagai orang terkaya ke-384 versi Forbes, dan terkaya ke-126 di AS. Kini ia fokus mengembangkan
Hillwood, perusahaan real estate raksasa di AS. Ia juga kaya berkat Electronic Data Systems perusahaan yang ia dirikan separuh abad silam kemudian dijual ke General Motors pada 1984 senilai USD2,5 milyar. Ia juga mendirikan Perot Systems yang dijual ke Dell pada 2009 senilai USD3,9 milyar.

10.    Naguib Sawiris (kekayaan: USD3,1 milyar)
Pendiri Free Egyptians Party di Mesir pada 2011, ini, banyak dikritik oleh kelompok Islam garis keras di negerinya karena partainya yang beraliran sekular dan mendorong pasar bebas. Kekayaannya bersumber dari perusahaan telekomunikasi, Orascom Telecom. Tahun 2011, ia menjual seluruh sahamnya di raksasa telekomunikasi Rusia,VimpelCom, yang sebelumnya mengakuisisi Orascom Telecom.

Ia juga menjual sahamnya di Telekom Austria ke milyuner asal Meksiko Carlos Slim Liu (kini terkaya di dunia) pada Juni 2012. Sebulan kemudian, perusahaan investasi miliknya, Weather Investments, membeli perusahaan tambang Kanada, La Mancha. Ia berada di urutan ke-589 orang terkaya dunia, terkaya ke-2 di Mesir, dan terkaya ke-9 di Afrika versi Forbes.