Erwin Basri (Direktur Operasional PT Tugu Reasuransi Indonesia)

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 July 2023

Berupaya Capai Pertumbuhan Optimal

 

Apa saja peran utama seorang COO dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang Bapak pimpin?

Dalam sebuah perusahaan reasuransi, COO atau Tugure menyebutnya sebagai Direktur Operasional, memiliki peran utama yang krusial dalam mengelola operasional perusahaan secara efisien. Pertama, sebagai Direktir Operasional saya tentunya bertanggung jawab atas manajemen operasional perusahaan reasuransi. Ini meliputi pemantauan proses bisnis, sistem, dan prosedur untuk memastikan efisiensi dan kepatuhan yang tepat yang berfokus pada pengelolaan risiko operasional dan implementasi praktik terbaik dalam operasional perusahaan. Saya bertugas juga dengan berkolaborasi dengan direktorat lainnya untuk memastikan kegiatan operasional ini berjalan sesuai dengan rencana perusahaan.

 

Bagaimanakah kiat dan strategi yang Bapak rancang agar bisnis TuguRe bisa profit di tengah kondisi krisis?

Tugure menjalankan sejumlah strategi jitu sehingga mampu mempertahankan peringkat atau rating di tengah hadangan dampak dari pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Fitch Ratings Indonesia mempertahankan peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) Tugure di ‘A+(idn)’ dengan Outlook Stabil. Keberhasilan Tugure mempertahankan predikat tersebut tidak terlepas dari upaya jangka panjang Perseroan. Sejak 2018, Tugure telah mengubah pola pencadangan menjadi lebih konservatif. Langkah itu, memberikan perubahan yang cukup signifikan bagi kinerja perseroan pada 2019. Selain itu, kebijakan itu mampu menjaga kinerja perusahaan di tengah merebaknya pandemi Covid-19 yang turut memengaruhi secara masif kondisi ekonomi nasional dan bahkan global. Tugure juga menyeimbangkan portofolio bisnis, khususnya untuk lini reasuransi umum, saat pandemi melanda. Pihaknya mengubah portofolio bisnis, terutama pada asuransi kebakaran atau properti, sehingga komposisinya lebih berimbang dibandingkan lini bisnis lainnya. Tugure juga aktif mengantisipasi dampak pandemi pada sejumlah lini bisnis asuransi, khususnya asuransi kredit. 

 

Apa Langkah yang dilakukan dalam upaya peningkatan efisiensi dan perencanaan strategis di Tugure?

Saya terlibat dalam proses perencanaan strategis perusahaan dengan fokus pada operasional. Saya bekerja sama dengan manajemen untuk mengembangkan dan menyempurnakan rencana strategis yang terkait dengan efisiensi operasional, peningkatan kualitas layanan, dan pertumbuhan bisnis. Dalam perencanaan strategis, kami juga memastikan adanya tujuan yang jelas, indikator kinerja yang terukur, serta rencana tindakan yang konkret untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Berdasarkan hasil analisis, saya mendorong implementasi inisiatif efisiensi di berbagai grup kerja. Mencakup pembaruan proses, penggunaan teknologi yang lebih baik, otomatisasi tugas-tugas rutin, dan pengurangan birokrasi yang tidak perlu. Tujuannya adalah meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu siklus, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Melalui langkah-langkah ini, saya berupaya secara aktif untuk meningkatkan efisiensi dan perencanaan strategis di Tugure. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan efisien, memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan, dan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis jangka panjang.

 

Bentuk inovasi apa yang nantinya ingin Bapak terapkan ke depannya?

Dalam keberjalanan karier saya sebagai Direktur Operasional Tugure, saya ingin mengimplementasikan beberapa inovasi saya yang dapat memberikan nilai tambah bagi Perusahaan, namun salah satu yang sedang saya persiapkan adalah saya sedang mempertimbangkan ekspansi ke pasar baru yang memiliki potensi pertumbuhan. Yang pastinya melibatkan analisis pasar yang cermat, identifikasi peluang bisnis, dan pengembangan strategi pemasaran yang tepat untuk memasuki pasar baru. Hal ini tentunya dibersamai dengan implementasi sistem teknologi yang canggih dalam proses akseptasi dan claim, serta penerapan prudent underwriting dalam proses akseptasi. 

 

Apa saja tips keberhasilan Bapak selama berkarier di Tugu Reasuransi?

Beberapa tips yang menurut saya sangat mempengaruhi perjalanan karier adalah pertama saya selalu berusaha untuk meningkatkan diri secara terus-menerus dalam bidang pekerjaan saya. Kedua, saya tidak takut untuk bekerja keras, mengambil tanggung jawab tambahan.

Ketiga, selama berkarier di Tugure, saya telah belajar dan mengembangkan keterampilan manajerial yang penting. Kemampuan untuk mengelola tim, mengambil keputusan strategis, dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan operasional sangatlah penting. Saya juga selalu berusaha untuk terus meningkatkan keterampilan manajerial saya agar dapat mencapai tujuan perusahaan dengan lebih efektif.

Keempat, saya percaya pada pentingnya kolaborasi dan jaringan yang kuat dalam mencapai keberhasilan. Saya juga membangun jaringan yang baik dengan mitra usaha dan profesional dalam industri perasuransian. Networking yang baik telah membuka peluang, memberikan wawasan baru, dan mendukung perkembangan karier saya. Kelima, saya selalu mencoba melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar, tumbuh, dan mengembangkan kemampuan saya. Terakhir, saya memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam karier saya di Tugure. Saya mengidentifikasi arah yang ingin saya capai, baik secara pribadi maupun untuk perusahaan. Visi dan tujuan ini memberikan panduan dan motivasi yang kuat dalam upaya mencapai keberhasilan.

 

Prinsip apa yang Bapak pegang teguh dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari dan manfaat penerapannya selama ini?

Sepanjang perjalanan karier, saya senantiasa memegang teguh beberapa prinsip, yaitu dengan menerapkan integritas telah membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan tim dan pelanggan. Selain itu, orientasi pada kualitas telah meningkatkan kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan. Tidak lupa teamwork yang solid telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Serta yang terakhir adalah keterampilan adaptasi dan inovasi telah memungkinkan kami untuk terus berkembang dan berhasil menghadapi perubahan dalam industri ini.

Sehingga kalau dapat saya simpulkan sebenernya prinsip saya ini terbangun seiring dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam perjalanan karir saya di Tugure, yang mana dicerminkan pada tagline Tugure, yaitu "From Trust to Excellence". Dengan integritas yang baik dapat membuat saya dipercaya dan mencapai hasil yang baik dalam hal kualitas, kinerja, atau prestasi. 

 

Apa obsesi dan harapan Bapak di tahun 2023 ini maupun untuk tahun-tahun mendatang?

Secara keseluruhan, obsesi dan harapan saya sebagai Direktur Operasional adalah untuk memastikan PT Tugu Reasuransi Indonesia tetap menjadi perusahaan yang inovatif, efisien, dan terpercaya di industri perasuransian. Saya ingin membersamai Tugure menuju kesuksesan jangka panjang dengan fokus pada kepuasan pelanggan, pengembangan sumber daya manusia, dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Adapun dengan terus memperbaiki efisiensi operasional perusahaan dengan menerapkan teknologi dan proses kerja yang lebih canggih agar senantiasa dapat memberikan layanan yang unggul kepada pelanggan. Selain itu tentu juga dibarengi dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia untuk tumbuh dan berkembang dalam karier mereka melalui pelatihan, pendidikan, dan program pengembangan karyawan. Dengan memiliki tim yang terampil dan berkompeten, kami akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Industri perasuransian terus berkembang dan menghadapi berbagai tantangan baru. Saya ingin mendorong inovasi di perusahaan kami dan memastikan bahwa kami tetap beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tren, teknologi, dan regulasi di industri ini. Tentu saja dengan tujuan agar pertumbuhan perusahaan dan mencapai profitabilitas yang berkelanjutan.