Erwin Basri (Direktur Operasional PT Tugu Reasuransi Indonesia)

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 July 2023

Capaian Lewati Badai Pandemi

Sepanjang 2022, Tugure membukukan kinerja impresif dengan pertumbuhan laba tahun berjalan yang sangat signifikan. Hasil positif tersebut meningkatkan optimisme Tugure untuk memacu pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan pada 2023. Realisasi itu bertumbuh hingga 277% dibandingkan tahun 2021 (year-on-year/yoy) dengan laba tahun berjalan senilai Rp26,86 miliar. Realisasi laba tahun berjalan itu ditopang dengan pertumbuhan pendapatan yang tampak dari jumlah pendapatan yang mencapai Rp2,81 triliun sepanjang 2022. Tugure mampu membukukan peningkatan premi sejalan dengan pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

Sementara itu, penurunan nilai klaim bruto Tugure sepanjang tahun lalu tak lepas dari kebijakan perseroan dalam mengurangi eksposurnya terhadap sebagian bisnis kebakaran. Pihaknya meminimalkan potensi klaim dari lini bisnis dengan histori klaim yang tinggi. Di sisi lain, Tugure mampu memaksimalkan hasil investasi dengan strategi penataan portofolio yang terukur sejalan dengan kian kondusifnya kondisi ekonomi. 

Dengan realisasi positif sepanjang 2022 itu, membuat Tugure optimistis untuk memacu pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan pada 2023. Erwin meyakini bahwa sektor asuransi masih menjadi penopang ekonomi nasional. Terlebih lagi, setelah pandemi Covid-19 melanda masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya asuransi.

“Kinerja positif pada 2022 menunjukkan upaya Tugure yang senantiasa menjaga sustainabilitas dengan meningkatkan kemampuan kinerja finansial perusahaan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi mitra usaha. Kondisi itu diperkuat oleh rating kapasitas keuangan yang stabil sejak 2017 sampai dengan saat ini yakni A+ (idn); outlook stabil yang diterbitkan oleh Fitch Ratings Indonesia,” jelasnya.

Ia menyatakan dalam penerapan untuk meraih hal tesebut seluruh pihak harus bekerja sama, serta open mind menerima masukan maupun kritikan. Kemudian, dukungan pemegang saham sangat penting sehingga tim manajemen maupun karyawan bisa confident melakukan semua rencana kerja yang sudah ditetapkan. “Yang pasti seluruh karyawan harus tahu di dalam satu perahu yang sama kita arungi bersama, sehingga bisa sama-sama merasakan hasilnya,” pungkasnya.

Tantangan Integrasi di Tengah Perubahan Industri

Sebagai industri yang beroperasi di skala global dengan berbagai peraturan, kebijakan, dan kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda di setiap negara, menavigasi kompleksitas industri asuransi adalah tantangan yang signifikan. Erwin mengungkapkan ia harus memahami dan mengikuti peraturan dan persyaratan setiap negara di mana perusahaan beroperasi. Selain itu, harus memastikan bahwa operasional dapat beradaptasi dengan perubahan kebijakan dan tuntutan pasar di berbagai wilayah. Industri asuransi terus berubah dengan cepat, terutama dalam hal teknologi, digitalisasi, dan tren bisnis. Tantangan yang dihadapi adalah memastikan bahwa operasi perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan ini secara efektif dan efisien.

Untuk mencapai itu semua, Erwin senantiasa memegang teguh beberapa prinsip, yang juga diterapkannya dalam berkarier selama ini, yaitu dengan menerapkan integritas telah membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan tim dan pelanggan. Kemudian kepemimpinan yang inspiratif telah memotivasi tim untuk mencapai kinerja terbaik mereka.

Ayah tiga putra ini memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam karier di Tugure, yakni mengidentifikasi arah yang ingin dicapai, baik secara pribadi maupun untuk perusahaan. Visi dan tujuan ini memberinya panduan dan motivasi yang kuat dalam upaya mencapai keberhasilan. 

Erwin juga menjabarkan harapan dan obsesinya untuk Tugure. “Karena saya dibesarkan oleh Tugure, saya berobsesi membawa Tugure ke tingkat regional, dan ke pasar internasional. Tugure saat ini sedang mempersiapkan diri sehingga portfolio bisa lebih meluas dengan lebih baik lagi. Harapannya Tugure bisa menjadi yang terbesar di Indonesia dalam kondisi yang amat sehat, keberlanjutan bisnis ke depan juga dapat terjaga sesuai dengan ekpektasi seluruh stake holders,” ujarnya penuh optimis.