Erwin Basri (Direktur Operasional PT Tugu Reasuransi Indonesia)

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 July 2023

Kedepankan Inovasi Visioner dan Integritas

Naskah: Angie Diyya Foto: Edwin Budiarso/dok. Pribadi

Memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan efisien, memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan, dan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis jangka panjang, semua itu adalah peran utamanya. Erwin Basri mengatakan semua itu perlu dijalankan bersama-sama dengan penuh integritas dalam kondisi apa pun.

Pada tahun ia diangkat menjadi Direktur Operasional, tantangan langsung menghadang di depan mata: dunia dihadapkan pada pandemi Covid-19 melanda hingga berdampak pada berbagai sektor. Pertumbuhan industri asuransi juga termasuk salah satunya. Dalam mengemban amanah jabatan eksekutif yang bertanggung jawab atas kegiatan operasional perusahaan PT Tugu Reasuransi Indonesia atau Tugure, Erwin Basri tentu berperan penting pada peningkatan efisiensi operasional perusahaan di kondisi apa pun. Ditemui tim Men’s Obsession di kantornya di suatu sore, Direktur Operasional ini meluangkan waktu untuk mengisahkan pengalamannya.

“Pandemi itu tidak ada dalam RKAP, sehingga tentu bagi kami itu merupakan suatu hal yang cukup mengagetkan dan menjadi challenge. Namun, perusahaan ini harus tetap bertahan melewati badai. Kami pun mengatur cara agar bisa mencapai portfolio yang balancing, sekaligus meningkatkan cadangan teknis. Satu per satu hal yang menjadi hambatan bisa dilewati. Memang tidak mudah, tentu perlu dukungan pemegang saham, untuk dibicarakan dengan detail termasuk langkah apa yang perlu diambil agar perusahaan ini bisa terus sustain 10-20 tahun ke depan. Alhamdulillah, di tahun berikutnya kami tidak hanya selamat, tapi berhasil menaikkan cadangan teknis,” tuturnya.

Memang, Erwin mengakui seluruh manajemen harus kompak mempunyai tujuan yang sama, sehingga masing-masing memahami peran apa yang perlu dilakukan. “Kita semua dalam perahu yang sama. Kita punya tujuan yang sama dan harus bekerja untuk itu,” pungkasnya.

Peningkatan Efisiensi dan Perencanaan Strategis

Erwin Basri telah lama bergelut di dunia asuransi. Perjalanan rekam jejak kariernya di industri ini dimulai saat bergabung di Tugure pada tahun 1996 sebagai Claim Staff (Juru Muda) di divisi Claim sambil berkuliah. Selama masa itulah, ia mendulang banyak pengalaman bidang teknis perasuransian yang membantu perkembangan karier di industri ini. Karena kemampuannya, ia lalu diberikan kesempatan naik pangkat menjadi Juru Madya dan dipindahkan ke fungsi Marketing Executive, hingga terpilih untuk mengikuti Internal Management Trainee Programme, yakni program pengembangan karyawan berbakat yang memberikan sejumlah pembekalan pelatihan.

Tak hanya itu saja, Erwin lalu dipercaya menjabat sebagai Kepala Seksi Marketing Non Life Account dengan pangkat Assistant Manager dan dua tahun setelahnya sebagai Non Marine Group Head, hingga sampai di posisi Operational General Manager. Di sana, ia bertanggung jawab memastikan peningkatan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi pengelolaan grup kerja Underwriting Non-Marine, Marine & Aviation, Life, Strategic Business Unit, Treaty, dan Financial Risk melalui perencanaan, pengelolaan, implementasi, pengawasan, dan evaluasi secara berkala.

Puncak dari perjalanan kariernya terjadi pada tahun 2020, ketika ia dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur Operasional. “Ini adalah pencapaian yang signifikan bagi saya, karena memberikan dampak besar tidak hanya bagi perkembangan pribadi saya, tetapi juga bagi perusahaan tempat saya berkarya sejak awal berkarier hingga 27 tahun lamanya,” ungkapnya.

Bercerita tentang pekerjaannya, dalam sebuah perusahaan reasuransi, Direktur Operasional memiliki peran utama yang krusial dalam mengelola operasional perusahaan secara efisien. Erwin menjabarkan, bersama jajaran manajemen, tugasnya ialah merumuskan dan mengimplementasikan strategi bisnis jangka panjang perusahaan reasuransi dengan membantu menentukan prioritas bisnis, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan menyusun rencana tindakan yang relevan. Selain itu juga bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian operasional perusahaan reasuransi.

Peran lain yang cukup krusial bagi perusahaan adalah membangun dan menjaga hubungan dengan mitra usaha dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan bekerja sama dengan seluruh underwriter yang ada di Tugure, memahami kebutuhan mitra usaha dan memastikan kepuasan yang berkelanjutan dari mitra usaha pun dapat dilakukan. Selain itu, apabila terjadi krisis atau kejadian darurat yang dapat mempengaruhi operasional perusahaan, kami mengantisipasi dengan bekerja sama dengan tim manajemen risiko untuk merencanakan dan melaksanakan strategi mitigasi risiko serta pemulihan bisnis setelah kejadian tersebut.