Obsession Awards 2023 "Best Lawyers"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Bagus SD Nur Buwono

Founding Partner Bagus Enrico & Partners

Naskah: Angie Diyya Foto: Edwin B.

 

Sosok pengacara ini dikenal memiliki pengetahuan bisnis dankeahlian hukum yang diakui selama bertahun-tahun. Selain itu, ia juga mempunyai kualitas interpersonal; kemampuan legal analysis yang baik, respons cepat dan tepat, hingga sifat untuk selalu berdedikasi. Tak heran bila kinerjanya diakui dengan reputasi baik.

Bagus SD Nur Buwono menjadi satu dari 29 advokat jasa hukum litigasi yang direkomendasikan. Ia adalah founding partner Bagus Enrico & Partners. Praktiknya berfokus pada merger dan akuisisi, perbankan & keuangan, serta masalah perusahaan/komersial umum di berbagai sektor industri. Kantor hukum yang didirikannya, Bagus Enrico & Partners (BEP) masuk daftar 32 kantor hukum yang direkomendasikan untuk layanan jasa hukum litigasi.

Tak mengherankan, bila ia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 Top Lawyers oleh Asia Business Law Journal sejak 2018-2022. Termasuk pakar dalam bidang praktik Hukum Komersial dan M&A di Indonesia oleh Global Law Experts dan pilihan klien–Commercial Law Award in Indonesia oleh Legal Finest. Sebagai pengakuan atas keahlian dalam berbagai transaksi akuisisi dan restrukturisasi, The Asia Pacific Legal 500 The Guide to Asia’s Commercial Law Firm 2011/2012 hingga 2019/2022 mencatat Bagus sebagai pengacara yang direkomendasikan di bidang praktik Perusahaan, M&A, Ketenagakerjaan, dan Restrukturisasi dan Kepailitan.

Membahas alasannya berkecimpung di hukum, lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Hukum Bisnis Internasional (LLM) dari University of Manchester, Inggris, ini mengaku terinspirasi dari film. “Dalam fIlm yang saya tonton dulu bercerita tentang narapidana yang dihukum secara tidak benar, lalu melanjutkan belajar hukum dari penjara dan akhirnya mampu membela dirinya sendiri sampai ia dibebaskan dari tuduhan,” jelasnya.

Bagus percaya bahwa setiap orang harus memiliki akses ke perwakilan hukum yang tepat, dan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang masalah apa pun yang mereka hadapi. Ia awalnya ingin menjadi litigator dan untuk membela yang lemah dan terpinggirkan, tetapi mengingat iklim politik dan sosial pada saat itu maupun sistem peradilan yang tidak menentu, ia lalu memutuskan beralih berfokus pada hukum perusahaan dengan memperjuangkan kliennya dan memberikan solusi terbaik dari sudut pandang berbeda. Menjadi lawyer merupakan profesi yang menantang menurutnya, di sisi lain memiliki posisi yang strategis.

Di luar aktivitas karier profesional, Bagus berdedikasi di dunia pendidikan dengan aktif mengajar mata kuliah Company Law pada IUP Fakultas Hukum UGM dan Hukum Kontrak Komersial Internasional untuk program Magister Hukum Bisnis dan Ketenagakerjaan. Ia juga adalah pendiri dan ketua Dewan Penasihat Indonesia Innovative Foundation, sebuah organisasi nirlaba di Indonesia yang mengembangkan platform daring “Optimis Academy” berkolaborasi dengan universitas untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi harga terjangkau. Transfer ilmu menurutnya harus dilakoni demi mengedukasi dan melahirkan pengacara muda berkualitas. Ia berharap apa yang dilakukan ini dapat turut membentuk pola pikir mahasiswa hukum yang diperlukan dalam menjalani profesi hukum.