Obsession Awards 2023 "Best Womenpreneurs"

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2023

Julita Mada Saragih

CEO & Founder Arras Group

Naskah: Nur Asiah Foto: Fikar Azmy

 

Keuletan dan insting yang kuat menjadi modal Julita Mada Saragih membangun bisnisnya. Dua dekade lalu mantan pramugari ini membawa Rudy Project ke Tanah Air dan masih bertahan hingga saat ini. Berbagai inovasi dan terobosan dilakukan Julita dalam membangun brand yang kini telah dikenal di Indonesia.

Naluri bisnis perempuan kelahiran Pematangsiantar ini pun terus terasah, kejelian melihat peluang membuatnya kian melebarkan sayap. Pada saat pandemi, ia meluncurkan Arras Sports, brand lokal yang memproduksi perlengkapan sport, adventure, dan outdoor wear. Memenuhi keinginan kaum perempuan untuk tampil modis, brand baru yang digagas Julita ini juga mengeluarkan kebaya jersey yang menjadi salah satu item dalam koleksi ‘Apparel Nusantara’ by Arras Sports. Kemudian ia juga mendirikan Arras Adventure, guna memenuhi hasrat para pehobi menjelajah tanah leluhurnya.

Usaha ini didorong pula oleh kecintaan Julita pada tanah kelahirannya. Dia ingin mengembangkan taraf hidup penduduk di sana. Tak hanya memberikan kesempatan kerja, ia pun tengah merencanakan kompleks Arras Toba yang membentang menghadap indahnya Danau Toba. Nantinya akan dibangun masjid destinasi, resort dengan penginapan syariah, dan pusat edukasi. Sebagai awal sedang dibangun Pesantren Tahfidz di Kota Pematangsiantar, bekerja sama dengan Yayasan Sulaimaniyah.

Tak henti berinovasi, akhir tahun lalu Julita pun memperluas bisnisnya dengan menghadirkan kendaraan elektrik mengikuti tren keberlanjutan yang sedang populer. Bukan sembarangan, ia memboyong LiveWire One dari Harley Davidson di bawah bendera PT Arras Protama Sejahtera. Sudah dikenal dunia sejak 2019, motor elektrik ini tidak kalah garang dengan pendahulunya. Dengan tenaga 100HP (horse power), motor tanpa asap karbon ini mampu mencatatkan akselerasi 100 kilometer per jam hanya dalam waktu tiga detik. 

Selain tak mau melepaskan kesempatan berpartisipasi mendukung gerakan gaya hidup hijau, ihwal Julita menjajal bisnis ini berawal ketika diminta pihak Paspampres mencarikan motor listrik jenis motor gede (moge). Moge ini ditujukan untuk mengikuti rangkaian pengawalan presiden dan VIP di KTT G20 tahun lalu. Ia lalu menjatuhkan pilihan pada motor listrik terlaris di Negeri Paman Sam seperti dilansir Electrek.co.

“Karena permintaan itu saya banyak berdiskusi dengan teman-teman di dunia motor dan mendapatkan beberapa merek motor listrik dari Amerika dan Eropa. Kami juga punya konsultan di luar untuk mencari tahu spesifikasi sesuai kebutuhan. Kenapa pilihannya LiveWire? Karena selain dari spesifikasi juga melihat komunitas, karena ini buatan Harley-Davidson. Kelebihannya, LiveWire ini punya DC fast charging hanya satu jam dan bisa menempuh jarak sampai 235 Km, ini luar biasa,” ungkap Julita.

Julita pun melakukan roadshow ke lembaga atau institusi kepemerintahan. Dan untuk memperkenalkan kepada khalayak luas, kendaraan listrik tersebut turut dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2023 yang diadakan beberapa waktu lalu. Pada ajang kedua yang diikuti Rudy Project tersebut, pengunjung tampak antusias menyaksikan ketangguhan adik Harley Davidson tersebut. “Meskipun stoknya belum tersedia saat ini, namun kita akan segera dapat menyaksikan moge listrik ini melenggang di Tanah Air,” tutup Julita dengan mantap.